PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Pelalawan mulai sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan warga. Saat ini, Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) Pelalawan telah mencapai angka 153.

"Angka tersebut telah menunjukkan jika kondisi udara di Kabupaten Pelalawan sudah masuk dalam kategori tidak sehat," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Pelalawan, Abu Bakar, Sabtu (11/10/2014).

Dikatakan Abu Bakar, hari ini kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Pelalawan terlihat tebal sejak pagi hari tadi. Sesuai dengan ISPU, udara saat ini masuk kategori tidak sehat.

"Saat ini, wilayah kita masuk dalam kategori tidak sehat karena ISPU menunjukkan angka 153," sebutnya.

Abu Bakar menjelaskan, saat ini ditemukan titik api di Desa Pangkalan Delik, Kecamatan Pelalawan. Sulitnya akses untuk menuju lokasi titik api tersebut, menyulitkan upaya pemadaman yang akan dilakukan oleh tim dari BPBD dan Damkar Pelalawan.

"Lokasi titik api sangat jauh kedalam sekitar 6 KM, tidak ada akses jalan sama sekali. Sehingga upaya pemadaman tidak bisa di laksanakan karna lokasi yang rawan," tukasnya.

Terkait hal itu, sambung Abu Bakar, warga diminta untuk tidak terlalu banyak beraktifitas diluar rumah. Dan diprediksi kabut asap yang melanda saat ini akan berlangsung cukup lama.(***)