JAKARTA – Legislator fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Junimart Girsang menyatakan, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebaiknya dibubarkan, menyusul adanya perlakuan yang mengusik nilai kemanusiaan di sekolah kedinasan itu.

Junimart, menyoal makanan yang disediakan di salah satu kampus IPDN yang tak layak, bahkan jika dibandingkan dengan makanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). 

"Dari segi kemanusiaan, saya sudah bilang dari kemarin, bubarkan saja IPDN! Makannya itu lebih sejahtera yang di Lapas. Saya sudah ke IPDN Jakarta," kata Junimart dalam rapat Komisi II DPR RI bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Gedung DPR RI, Rabu (2/9/2020).

Kondisi makanan yang demikian, dinilai ironi oleh Junimart, sementara Bangsa Indonesia membutuhkan birokrat-birokrat unggul terlahir dari IPDN.

"Bagaimana mungkin kita mendapatkan bibit unggul? Yang di Lapas saja, makanannya cukup bergizi. Tolong pak Sekjen, kalau bisa diperbaiki," pinta Junimart.

Seperti diketahui, IPDN adalah sekolah kedinasan yang berada di lingkungan Kemendagri. Keputusan Presiden (Keppres) 87/2004, telah menggabungkan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) menjadi IPDN.

Dalam rapat tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Hudori mengemukan, bahwa Kemendagri memiliki banyak 'keinginan' tapi dukungan anggaran masih belum memadai.***