BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir, H Suyatno meminta seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan berlangsung Desember 2020 mendatang. ASN dilarang memihak kepada calon mana pun.

Demikian disampaikan Suyatno saat membuka rapat kerja persiapan Pilkada 2020, Rabu (2/9/2020) di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau. Peserta merupakan kepala OPD, camat dan penghulu se-Rokan Hilir.

Ikut membari materi pada acara ini Kajari Rohil Gaus Wicaksono SH MH, Dandim 0321 Letkol Arh Agung Rokhman Wahyudi dan Waka Polres Kompol James Rajagukguk Sik.

Sementara itu Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rokhman Wahyudi saat memberikan materi mengatakan Pilkada merupakan salah satu tahap demokrasi yang penting karena itu penting bagi aparatur bekerja maksimal dan yang lebih penting menjadi sikap sebagai ASN.

Tegur ASN

Sebelumnya, saat membuka acara, Bupati Suyatno sempat menegur ASN yang terkesan tidak serius mengikuti acara karena sibuk mengabadikan acara menggunakan video handphone. Saat ASN tersebut mengabadikan gambar, bupati sempat melarang dan meminta untuk menghapus video yang diambil.

''Tolong duduk dengan baik dan ikuti acara ini dengan serius. Jangan diambil gambar acara ini, silahkan duduk dan ikuti,'' ujarnya.

Hal yang sama juga terjadi saat Dandim memberi materi, dimana banyak ASN yang keluar masuk acara sehingga menganggu konsentrasi kegiatan. ***