PEKANBARU - Halaman Grand Hotel Meranti, Jalan Kartini, Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Selasa (31/1/2017) sore mulai dipadati ribuan masyarakat dan wisatawan yang membawa pistol mainan berisi 'amunisi' air.

Mereka tengah bersiap mengikuti pawai Festival Perang Air atau Cian Cui yang dihadiri secara langsung oleh istri Gubernur Riau, Sisilita Arsyadjuliandi bersama Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Fahmizal Usman.

Rata-rata ribuan masyarakat yang berpakaian serba warna merah ini telah berbekal ember berisi air dan alat untuk berperang air seperti halnya pistol air mainan dan gayung.

Sementara itu di kanan-kiri Jalan Kartini Kota Sagu ini tersedia pasokan air yang siap digunakan untuk mengikuti iven Cian Cui.

Untuk tahun ini, perang air dimulai tanggal 28 Januari 2017 hingga tanggal 2 Februari 2017 dengan rute mengelilingi 4 ruas jalan di Selatpanjang yakni Jalan Diponegoro, Kartini, Imambonjol, dan A Yani.

Selepas serangkaian acara seremonial pelepasan dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir itu, nantinya masyarakat akan berperang air dan berkeliling Kota Selatpanjang menggunakan becak motor.

Seperti diketahui, iven Cian Cui masuk dalam Calendar of Event Riau 2017. Hal itu merupakan bentuk dukungan Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman melalui Dinas Pariwisata Provinsi Riau untuk mengangkat potensi wisata yang ada di pesisir Riau itu.

Dukungan dan harapan orang nomor satu di Riau itu tak sia-sia. Pasalnya, hingga Selasa (31/1/2017) sore ini, hotel-hotel yang berada di Selatpanjang penuh. (*/dnl)