PEKANBARU - Menjelang perayaan Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau menyerahkan bingkisan Idul Fitri kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau, Senin (3/5/2021).

Bingkisan ini, nantinya akan didistribusikan boleh MUI Riau kepada para imam masjid paripurna, karyawan masjid Agung Ar-Rahman dan karyawan Kantor MUI Riau. Penyerahan ini disaksikan oleh Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sarbaini.

"Atas nama ketua MUI Riau tentu kami sangat bersyukur dan berbahagia atas kepedulian masyarakat kita untuk sama-sama mengatasi kesulitan ekonomi akibat dampak Covid-19. Mudah-mudahan dengan adanya gerakan sosial seperti ini, kami berharap juga kelompok-kelompok serta paguyuban-paguyuban sosial lainnya juga ikut berbagi. Maka kita buat ini namanya bingkisan Idul Fitri yang penuh barokah," kata Ketua MUI Riau, Ilyas Husti.

Ilyas juga mengapresiasi Pemko Pekanbaru yang telah mengkoordinir semua kegiatan-kegiatan sosial yang ada di Kota Pekanbaru termasuk hari ini. Dia berharap semua bisa berbagi dalam kewenangan dan kemampuan masing-masing.

"Mari sama-sama kita dukung sesuai dengan kemampuan kita. Jadi kita tak hanya menerima, namun kita juga harus memberi. Ini yang harus dicontohkan ke masyarakat. Dalam upaya menolong masyarakat, terutama menghadapi lebaran, mari sama-sama kita berbagi untuk meringankan semuanya," ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemko Pekanbaru, Sarbaini atas nama Pemko Pekanbaru mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada PSMTI Riau yang ikut berbagi dan merasakan bagaimana susahnya masyarakat di tengah Covid-19 yang sudah berlangsung selama 2 tahun ini.

"Tentu Pemerintah memberikan penghargaan yang sangat besar, walaupun penghargaan ini tidak dalam bentuk sertifikat atau sebagainya. Tetapi kami mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya. Dan semoga bantuan yang diberikan melalui MUI ini, bisa bermanfaat dan meringankan beban yang dirasakan oleh masyarakat terdampak Covid-19," terangnya.

Ketua Umum (Ketum) PSMTI Riau Stephen Sanjaya menjelaskan, setidaknya ada sekitar 180 paket lebaran yang dibagikan hari ini. Pembagian sembako ini merupakan dukungan PSMTI akibat kondisi ekonomi yang jauh terpuruk dibanding tahun-tahun sebelum pandemi.

"Dan Covid-19 sendiri sampai sekarang belum tuntas. Jadi untuk itu, kita dari PSMTI Riau berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Mudah-mudahan covid-19 bisa berlalu dan ekonomi bisa segera pulih kembali dan kehidupan bisa normal kembali," katanya.

Disampaikannya, jelang lebaran ini, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama menjaga diri dan itu yang paling penting. Karena untuk protokol kesehatan itu yang menjalankan adalah diri sendiri. Jadi benar-benar hraus hati-hati. Terlebih sekatang ini Riau sudah nomor 3 di indonesia.

"Kalau kita lihat dari jumlah penduduknya, mungkin penyebaran yang paling besar secara persentasenya adalah kita. Jadi saya harapkan temen-temen semuanya untuk menjaga kesehatan, tetap lakukan prokes ketat," terangnya.

"Mudah-mudahan setelah lebaran angka penyebaran Covid-19 tidak bertambah dan kalau bisa berkurang. Kita menuju ke arah yang lebih baik. Jangan sampai kita seperti India. Mudah-mudahan kita jangan sampai ke arah sana," tutupnya. ***