PEKANBARU - Kapten kapal berkewarganegaraan India yang sebelumnya berlabuh di Dumai dinyatakan positif Covid-19. Sementara, 22 Anak Buah Kapal (ABK) lainnya yang juga berkebangsaan yang sama, dinyatakan negatif.

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar memastikan, kapten kapal yang sudah berstatus terkonfirmasi itu, sudah dilakukan uji usap atau swab test. Kemudian asil swab dari kapten kapal berkewarganegaraan India itu, telah dikirim ke Jakarta. AW "Kebetulan pasien ini dari luar negeri, tepatnya India. Perlu memang pemeriksaan. Dan hasil swabnya dikirim ke Jakarta," kata Gubri, usai memberikan arahan pada acara Rakor bersama Bupati, Walikota dan Forkopimda se Riau serta persiapan peniadaan mudik di Gedung Daerah, Senin (3/5/2021).

Menurut Gubernur Riau, alasan pengiriman hasil uji swab ke Jakarta, sebagai bentuk antispasi penyebaran virus Covid-19 varian baru.

Pasalnya menurut mantan Bupati Siak ini lagi, penyakit dari kapten kapal berkebangsaan India itu, tergolong berat dan harus dirawat di ruang ICU.

"Sekarang lagi dirawat, pasien ini tergolong berat, sudah dirawat di ruang ICU. Karena labor kita belum bisa mendeteksi virus varian baru. Makanya dikirim ke Jakarta," papar Syamsuar. ***