JAKARTA - Ketua Panitia Kejuaraan Bola Basket FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarsyah memastikan persiapan untuk mensukseskan Kejuaraan Bola Basket FIBA Asia Cup 2022 yang akan digelar di Istora Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakata, 12-14 Juli mendatang, sudah mencapai 85 persen.

"Persiapan sudah mencapai 85 persen dan kita siap mensukseskan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022," kata Junas Miradiarsyah kepada wartawan usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Kementerian dan Lembaga terkait persiapan FIBA Asia Cup 2022 yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Auditorium Wisma Kemenpora, Senin (27/6/2022).

Menurut Junas, Istora GBK yang akan dipergunakan untuk tempat pertandingan cukup representatif karena sudah dipergunakan saat pertandingan cabang olahraga bola basket Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

Dan, dia juga menyebut ada dua tempat lagi yang disiapkan untuk memperlancar FIBA Asia Cup 2022 yakni Hall Basket GBK dan GBK Arena. "Hall Basket GBK dan GBK Arena akan digukanan untuk tempat latihan bagi tim peserta yang akan bertanding," jelasnya.
Selain berbicara masalah persiapan, Junas juga memastikan pembatasan penonton sesuai yang ditetapkan di FIBA Asia Cup 2022. "Penonton hanya boleh 70 persen dari kapasitas Istora GBK yang bisa menampung 7.500 penonton. Dan, tiket akan dijual secara online," tegasnya.

Dalam jumpa pers itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali juga mengingatkan masalah pentingnya penerapan protokol kesehatan Covid-19. "Sekarang ini pandemi Covid-19 masih ada dan itu menjadi catatan penting. Makanya, kita harus bisa memastikan penerapan protokol kesehatan Covid-10," tegasnya.

Menpora Amali juga menekankan pentingnya pengamanan peserta mulai dari datang di Indonesia melalui bandara, saat di Istora Senayan hingga pulang ke negaranya masing-masing dalam keadaan aman dan nyaman.

"Juga dari sisi pengaman. Bagaimana para peserta berdatangan itu juga harus mendapatkan pengamanan yang baik, agar nyaman bertanding di Indonesia dan membawa pesan yang baik setelah kembali ke negaranya masing-masing," imbuhnya.

Keinginan Menpora Amali ini langsung direspon Kasubag Renimops Polda Metro Jaya, Kompol Nazarudin yang hadir. Dia menyampaikan, kepolisian RI sangat siap untuk mengamankan para peserta dari datang ke Indonesia hingga pulang ke negaranya masing-masing.

"Kami siap melaksanakan pengamanan dalam kegiatan ini. Selama kegiatan berlangsung dari mulai para peserta datang di Bandara Soekarno-Hatta, di Istora Senayan sampai pulang kembali. Kami sangat siap dan akan mendukung pelaksanaan pengamanan dalam kegiatan ini," pungkas Nazar.

Pada Kejuaraan Bola Basket FIBA Asia Cup 2022 ini, Tim Nasional (Timnas) Bola Basket Indonesia bersaing di Grup A bersama Arab Saudi, Yordania, dan juara bertahan Australia. ***