PEKANBARU - Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya dijadwalkan tiba di Kota Pekanbaru, Selasa (20/8/2019) sekitar pukul 07.35 WIB. Setelah sarapan pagi bersama Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi, Menpar meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kecamatan Tenayan Raya, sebelum membuka Festival Pacu Jalur di Kuansing, Rabu (21/8/2019).

Setelah itu, Menpar meninjau Kawasan Ekonomi Khusus di Desa Cingam, Rupat Utara. Arief Yahya bersama Syamsuar juga berkesempatan melakukan pertemuan dengan masyarakat setempat dan Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Selanjutnya, Menpar melihat kondisi terakhir Pelabuhan Penyeberangan Bandar Sri Junjungan di Kota Dumai. Dimana nantinya pelabuhan ini akan digunakan sebagai pelabuhan penyeberangan RoRO Dumai - Malaka yang rencananya akan beroperasi akhir 2020 mendatang.

Sebelum terbang menggunakan helikopter dari Dumai, Menpar menyempatkan meninjau Pelabuhan Pelindo I Dumai. Sehabis istirahat di rumah Walikota Dumai, Menpar bersama Syamsuar melanjutkan perjalanan ke Teluk Kuantan, Kuantan Singingi (Kuansing).

"Pak Menpar nanti malamnya akan menghadiri acara merandai di Tepian Narosa, Kuansing. Kita berharap dengan hadirnya Pak Arief Yahya bisa membangkitkan pariwisata di Riau, terutama Festival Pacu Jalur yang sudah masuk kalender nasional," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Senin (19/8/2019).

Besoknya, Hari Rabu (21/8/2019), dikatakan Syamsuar, Menpar dijadwalkan mengikuti prosesi bidaya Maelo Jalur. Menpar juga dijadwalkan membuka Festival Pacu Jalur yang akan dihadiri puluhan ribu masyarakat yang tunpah ruah menyaksikan festival nasional ini.

"Pemprov Riau berharap, tidak hanya Festival Pacu Jalur saja yang masuk kalender even nasional. Masih banyak festival dan even olahraga di Provinsi Riau yang bisa menjadi kalender even nasional, bahkan international," ungkap Syamsuar. ***