RENGAT - Polres Indragiri Hulu, Riau sejak beberapa waktu terakhir mulai melakukan pengecekan sejumlah daerah rawan kecelakan di beberapa ruas jalan daerah itu.

Hal itu juga dilakukan untuk memastikan kondisi ruas jalan tersebut jelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1438 H mendatang. Dan peninjauan itu juga sekaligus untuk melakukan pemasangan rambu-rambu lalu lintas di sejumlah titik yang dianggap rawan kecelakanaan.

"Peninjauan ini adalah untuk mendata daerah rawan kecelakan di sepanjang jalur mudik," ujar Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari MH melalui Kasat Lantas AKP Ricky Michael Mandey S.Ik, Rabu (14/6/2017).

Dikatakan Ricky, pengecekan rawan laka itu lebih difokuskan pada ruas Jalan Lintas Timur. "Karena ruas Jalan Lintas Timur merupakan jalur mudik yang tergolong padat, maka pengecekan lebih kita fokuskan di ruas jalan itu," tuturnya.

Dan dari pantauan tersebut sejauh ini ruas Jalan Lintas Timur masih tergolong aman dan tidak ada yang mengalami kerusakan berarti. Hanya saja, pada satu titik, tepatnya di KM 233 Desa Klesa terdapat bahu jalan yang longsor dan saat ini masih dalam perbaikan dan akan segera rampung.

"Melihat progres kerja, hingga H -7 nanti ruas jalan itu akan rampung dikerjakan. Kendati demikian, kita harap para pengguna jalan tetap mengutamakan kewaspadaan dari kecepatan," tegasnya.

Namun, pada ruas jalan lain sambung Ricky, seperti Jalan Rengat - Tembilahan yang berada di wilayah Inhu, saat ini kondisinya cukup menghawatirkan. Di beberapa titik, ruas jalan itu mengalami rusak berat. Bahkan, sebagian jalan ada yang amblas.

Kondisi itu tentunya sangat mengancam keselamatan pengguna jalan yang melintas, terutama saat malam hari. Apa lagi ruas jalan itu sangat minim lampu penerangan jalan.

"Peninjauan lapangan di sejumlah ruas jalan tersebut juga sebagai persiapan jelang pendirian Poskotis dan Pospom lebaran mendatang. Sejauh ini, berbagai persiapan sudah kita lakukan dan bersamaan dengan itu juga dilakukan operasi Ramadniya," pungkas Ricky menerangkan.(Jef)