RENGAT, GORIAU.COM - Kebiasaan mengopi dan sarapan pagi di kedai kopi di kampung halaman sendiri, tidak bisa dipisahkan dari H.R. Mambang Mit. Ketika berkunjung ke Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Sabtu (15/6/2013) lalu, Bakal Calon Wakil Gubernur Riau (Cawagubri) yang akrab disapa Ayah MM, ini menyempatkan diri mengopi dan sarapan pagi di Kedai Kopi Pelangi langganannya. Bersama istri, Hj. Raja Maulida, dan Bakal Cagubri, H. Jon Erizal dan istri Hj. Rita Benny Latief serta rombongan, mereka menikmati suasana mengopi dan sarapan pagi bersama.

''Beliau (Ayah MM) kalau pulang ke Rengat, pasti ngopi dan sarapan pagi di kedai kopi ini. Sudah seperti langganan,'' ujar Raja Lukman, sepupu Ayah MM kepada wartawan. Ikut juga dalam rombongan ini, sejumlah tokoh seperti Ustad Ridwan Syarif, Ustad Munziri, Lc, MA, Ustad Malik Siregar, Raja Maizir Mit dan Raja Mukhtar. Mereka berpadu dengan warga Rengat yang ikut sarapan pagi. Tak sedikit yang menyalami JE dan MM sambil mencium tangan.

Usai mengopi dan sarapan pagi, JE-MM blusukan ke Pasar Rakyat Rengat. Menjelang sampai di Pasar Rakyat, pasangan JE-MM menumpang becak yang dikemudikan Rudi Hartono, Ketua DPD PAN Inhu. Begitu pula pasangan istri, Rita Benny dan Raja Maulida, naik becak bersama. Namun tak lama mereka turun dan berjalan menyusuri Pasar Rakyat.

JE-MM menyapa para pedagang dan menyalami. Bahkan, di pasar ikan, Ayah MM tak segan-segan bersalaman dengan pedagang ikan. ''Bagaimana harga ikan sekarang?'' tanya Ayah MM. Para pedagang menjawab, ''Masih normal pak''. Sementara JE terlibat tawar menawar dengan pedagang cabe dan rempah-rempah. Istri JE, Rita Benny membeli sebagian dari dagangan tersebut.

Ibu Eva, pedagang sayur, berharap jika JE-MM terpilih sebagai Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau nanti, pendapatan masyarakat, khususnya di Inhu, dapat ditingkatkan. Sebab, kondisi saat ini, pendapatan masyarakat masih rendah, sehingga daya beli juga rendah. ''Banyak pula yang berdagang daripada yang membeli pak,'' ujarnya. Dengan untung bersih sekitar Rp100 ribu per hari, Eva belum dapat memenuhi kebutuhan hidup dan sekolah anak-anaknya.

Sejumlah pedagang sudah sangat mengenal Ayah MM. Mereka tahu MM berasal dari Rengat. Karena itu mereka siap untuk mendukung dan memenangkan JE-MM. ''Pak Mambang orang sini, ya kita dukunglah,'' kata Reni, seorang pedagang makanan. (rls)