PEKANBARU – Sukses membuka klinik kecantikan di Kota Pekanbaru, Riau, Arya Saloka kini membuka bisnis kuliner, Burjobar x Roti Cha. Bisnis ini ia rintis bersama istrinya Putri Anne, serta rekan sesama artisnya, Ferry Ardiansyah, Tasya Nurmedina dan Yuda Fajrin.

Aktor yang namanya melejit berkat perannya sebagi Aldebaran di sinetron Ikatan Cinta ini mengatakan, bahwa Burjobar x Roti Cha ini merupakan gerai kolaborasi pertama. Ia sengaja memilih Pekanbaru sebagai lokasi gerai pertamanya karena jatuh cinta pada Kota Bertuah ini.

"Lokasinya kenapa memilih Pekanbaru, karena sekarang ini Pekanbaru menjadi kota yang buat saya sekarang sebagai tempat yang sering saya kunjungi. Saya juga punya klinik di sini dan saya jatuh cinta dengan kotanya, orangnya ramah-ramah dan hanyak juga teman saya di sini," kata Arya membuka sesi wawancara bersama GoRiau.com saat grand opening Gerai Roticha dan Burjobar, Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru atau seberang SPBU Arifin Ahmad, Minggu (15/5/2022).

Ia juga berharap gerai Burjobar x Roti Cha di Pekanbaru ini menjadi awal yang baik untuk melebarkan ekspansi bisnis kulinernya ke seluruh penjuru Nusantara.

"Ada banyak menu yang dijual di Burjobar. Ada berbagai menu mie, bubur, kemudian juga ada berbagai menu nasi yang lauknya bermacam-macam. Tapi yang paling menjadi signature kalau menurut saya adalah Oseng Mercon yang dimakan dengan nasi gurih. Itu yang menurut saya paling signature. Apalagi bagi yang suka makan pedes, oseng mercon cocok banget karena bisa request level pedesnya. Untuk rasanya jangan diragukan," sebut Arya.

Ia juga menyatakan bahwa Burjobar Pekanbaru ini menjadi yang pertama di Indonesia. Namun sejarah Burjo itu dulu ada di Yogyakarta.

"Sebuah tempet kecil yang kami buat dulu di Yogyakarta. Akhirnya kita punya obrolan lagi bagaimana kalau Burjobar ini kita besarkan menjadi tempat nongkrong yang dimana tempatnya enak, nyaman untuk ngopi ataupun makan bersama teman ataupun saudara. Dan yang penting adalah untuk harganya sangat merakyat," sebutnya.

"Untuk menu-menu kita rasanya bintang lima, tapi harganya tetap kaki lima," imbuhnya.

Sementara itu, Ferry Ardiansyah selaku Owner Roti Cha mengatakan Pekanbaru menjadi Kota kedua tempat dibukanya gerai Roti Cha ini. Sebelumnya, Roti Cha telah terlebih dahulu hadir di Jakarta Selatan. Untuk yang ada di Pekanbaru, menjadi satu tempat dengan Burjobar.

"Alhamdulillah Roti Cha ini mempunyai keunikan tersendiri. Kita punya sajian roti gulung yang unik seperti roti khas Papua. Kami menawarkan sesuatu yang berbeda agar menarik perhatian para pecinta kuliner untuk mencoba kelezatannya," kata Ferry.

Ia mengatakan pihaknya menawarkan roti yang fresh. Pada saat orang ingin menikmati roti, disitulah roti itu kita buat.

"Walaupun ada yang kita display, tapi itu sudah kita perhitungkan hanya untuk kurun waktu yang bisa kita ukur. Untuk rasa atau topingnya juga bisa dipilih saat itu juga dan baru kita buatkan. Karena secara basic rotinya sudah kita buat, dan untuk topingnya bisa memilih mau yang mana. Mereka bahkan bisa melihat kita saat membuatkan topingnya itu," sebutnya.

Selain itu, lanjut Ferry, Roti Cha juga menwarkan sistem reseller untuk masyarakat sekitar yang ingin berbisnis Roti Cha dan tentunya ini bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang ada di Pekanbaru.

"Harapan kita justru temen-temen tidak perlu modal yang besar untuk bisa membuka usaha, cukup menjadi reseller roti cha saja. Untuk modal dan persyaratannya juga sangat mudah, jadi siapa yang mau usaha bareng kita silahkan langsung saja. Manatau nantinya Roti Cha ini menjadi salah satu alternatif oleh-oleh dari Pekanbaru," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Riau, M Taufik OH berharap semoga keberadaan bisnis ini menambah ragam pilihan kuliner di Pekanbaru. Serta dapat menginspirasi kalangan milenial di Pekanbaru untuk menaikkan kelas bisnisnya seperti ini.

"Harapan kita ya para usaha seperti ini bisa mendorong para millenial untuk membuka usaha seperti ini juga kan. Ini contoh yang baguslah. Pekanbaru ternyata bisa menarik para artis ibu kota untuk bekerjasama dengan pengusaha yang ada di pekanbaru untuk membuka suatu usaha. Mudah-mudahan ini bisa dibuka juga di Kabupaten/Kota lain yang ada di Riau," harap Taufik yang hadir dalam grand opening Burjobar x Roti Cha untuk mewakili Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. ***