JAKARTA - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (Japfa) terus menjalankan komitmen mendukung program Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI) dalam meningkatkan prestasi catur Indonesia. Kali ini, Japfa  memberangkatkan pecatur kebanggaan Indonesia, GM Susanto Megaranto menuju Kejuaraan Dunia Catur "The FIDE World Cup 2019" yang akan diselenggarakan di Khanty Mansiysk, Rusia, 9 September hingga 4 Oktober 2019.

Susanto Megaranto yang lahir lewat program The Dream Team akan mewakili Indonesia dalam memperebutkan Piala Dunia Catur tahun 2019 setelah berhasil menjadi juara Kawasan Zona 3.3 Asia Timur 2019.

“Dukungan kami terhadap pengembangan catur Indonesia saat ini mencapai titik tertinggi dan bergengsi, yaitu berhasil mengantarkan anak kami, GM Kebanggaan Indonesia ke Piala Dunia,” ujar Rachmat Indrajaya, Corporate Affairs Director Japfa. 

“Menuju Piala Dunia, Japfa bersama PB Percasi turut menyiapkan GM Susanto Megaranto dengan meningkatkan peluang prestasi dan penambahan elo rating pecatur melalui serangkaian pertandingan dan pelatihan,” lanjut Rachmat. 

Dalam menyiapkan atletnya, Japfa berupaya mengasah kemampuan pecatur bangsa dengan menggelar berbagai macam pertandingan catur, salah satunya dengan menggelar Japfa Grandmaster & Woman Grandmaster Tournament 2019 di Yogyakarta pada Juni lalu. GM Susanto Megaranto serta pecatur muda lainnya mendapatkan kesempatan untuk menghadapi pecatur mancanegara. Tidak hanya dari benua Asia, namun juga Eropa. 

Dalam kesempatan ini, GM Susanto Megaranto meraih kenaikan elo rating setelah menaklukan GM Dmitry Kokarev dengan rating 2609 dari Rusia. Kemenangan GM Susanto atas GM Dmitry ini menjadi salah satu langkah Susanto untuk terus berlatih menuju Piala Dunia Catur 2019.

“Tentu perjalanan Susanto tidaklah mudah. Pada pagelaran Piala Dunia ini, Susanto akan langsung menghadapi GM Sergey Karjakin dengan rating 2760 yang pernah menjuarai piala dunia catur tahun 2015. Tantangan inilah yang sangat menarik untuk ditaklukan,” ucap Rachmat. 

Saat ini, GM Susanto menempati peringkat 447 dunia mewakili Indonesia. Namun peringkat ini cukup jauh dibandingkan dengan GM Sergey Karjakin yang saat ini menempati peringkat 12 dunia serta catatan prestasi yang spektakuler sebagai GM termuda hingga saat ini. 

“Target kami tidak lain adalah mencetak sejarah bagi catur Indonesia dengan lolos ke putaran kedua,” jelas Rachmat. 

Melihat dari kerja keras dan latihan Susanto yang telah menaikan ratingnya secara pesat tahun ini, maka Susanto siap untuk mengukir sejarah Indonesia di turnamen olahraga catur dunia!,” tambahnya. ***