PANGEAN - Jalur 'Marangin Montiak Tuah Lipai' langsung tenar di kalangan masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, setelah menjadi 'runner up' pada iven pacu jalur ajang uji coba di Tepian Rajo Pangean, Jumat (5/5/2017).

Padahal, sejak iven pacu jalur dimulai pada 3 Mei 2017, 'Marangin Montiak' tak pernah diperhitungkan oleh masyarakat. Kehadirannya sungguh sebuah kejutan.

Hal itu juga diakui oleh Bupati Kuansing, Drs. H. Mursini, MSi saat penutupan pacu jalur.

"Jalur baru yang mampu menembus final. Ini adalah jalur andalan Kuansing untuk sekarang dan masa depan. Prestasi ini harus terus ditingkatkan," ujar Mursini.

Dari segi popularitas, jalur 'Sijontiak Lawik Pulau Tanamo' yang juga dari Kecamatan Cerenti jauh lebih populer bila dibanding 'Marangin Montiak Tuah Lipai'. Sebab, jalur dari Pulau Jambu tersebut sudah mengukir prestasi di tahun 2016.

Laju jalur Marangin Montiak harus dihentikan oleh Siposan Rimbo RAPP di babak final. Sebelum ke final, Marangin Montiak mampu mengandaskan jalur Batu Hijau Tuah Negeri dari Baturijal, Indragiri Hulu.

Sebelum menembus hari ketiga, 'Marangin Montiak' sudah menaklukkan 'Biso Lawa Jantan' dari Desa Pauh Angit Hulu di hari pertama.

Memasuki hari kedua, jalur dari Desa Sikakak tersebut langsung bertemu Rajo Olang Pulai dari Pasarbaru. Alhasil, 'Marangin Montiak' keluar sebagai pemenang.

Di hari yang sama putaran kedua, 'Marangin Montiak' dihadang oleh jalur 'Bujang Gaga Lingkuang Nago' yang juga dari Cerenti. Lagi-lagi, 'Marangin Montiak' menjadi yang terbaik.

Korban lain 'Marangin Montiak' adalah jalur 'Ngiang Kuantan Cahayo Nagori' dari Gunung Toar di hari ke tiga putaran pertama.

Kini, 'Marangin Montiak Tuah Lipai' kian melejit seiring dengan prestasi yang ditorehkan di Tepian Rajo Pangean.***