PEKANBARU - Sejumlah ruas jalan rusak akibat bekas galian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau, bakal mulai diperbaiki pekan depan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, bahwa salah satu kontraktor pembangunan IPAL, PT HK akan melakukan overlay pada ruas jalan bekas pekerjaan mereka.

"Kemarin orang PT HK sudah menyampaikan kepada kita akan memulai melakukan perbaikan jalan bekas pekerjaan mereka. Mereka akan mulai di minggu ketiga Januari," kata Indra Pomi di Pekanbaru, Senin (13/1/2020).

Menurutnya, perbaikan ini akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan konstruksi kepadatan jalan bekas galian itu. Perbaikan akan dimulai dari bekas galian yang memiliki kepadatan yang telah cukup, agar saat overlay nanti permukan jalan tidak turun.

Indra mengatakan, pada pertengahan Februari nanti sebagian besar ruas jalan yang rusak akibat galian itu sudah diperbaiki.

Ia juga tidak menampik kondisi saat ini sangat mengganggu pengguna jalan akibat ruas jalan tidak rata. Namun, pihaknya terus berupaya untuk menggesa perbaikan jalan ke pihak kontraktor.

"Mereka harus melakukan uji dulu. Jangan sampai pipa IPAL yang ditanam itu ada yang lendut atau tidak rata. Kalau sudah tidak ada masalah, baru bisa mereka tutup bekas galian itu seperti semula," jelasnya.

Ia juga mengimbau, supaya masyarakat dapat bersabar dan berhati-hati saat melalui jalan bekas galian IPAL itu. ***