TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Jalur andalan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) masih belum terkalahkan hingga hari kedua pelaksanaan Iven Nasional Pacu Jalur Tradisional 2015 di Tepian Narosa Telukkuantan, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Tahun ini, ada empat jalur yang membawa bendera PT RAPP dari 168 jalur yang berpacu. Adapun jalur-jalur tersebut yakni Siposan Rimbo RAPP dari Desa Pauh Angit Pangean, Linggar Jati JA RAPP dari Pulau Kumpai Pangean, Juragan Kuantan RAPP dari Seberang Gunung, Gunung Toar dan Upae Saghok Ghimbo Dusun RAPP dari Kepala Pulau Baserah.

Memasuki hari ketiga ini, Linggar Jati JA RAPP akan berhadapan dengan Delima Indah Koramil dari Saik Kuantan Mudik. Dari posisi jalan hilir pertama ini, Linggar Jati JA RAPP berada di jalan sebelah kanan. Tentu ini akan menjadi pertunjukan yang menarik, sebab kedua jalur sama-sama diunggulkan untuk masuk putaran final.

Sementara itu, Siposan Rimbo RAPP akan berpacu pada hilir ke-19 berhadapan dengan Ular Putiah Putri Sakti dari Pulau Kulur, Kuantan Hilir Sebrang. Siposan Rimbo RAPP berada di jalan sebelah kanan, sedangkan Ular Putiah berada di jalan sebelah kiri.

Jika dilihat dari perpacuan hari kedua, Ular Putiah Putri Sakti menumbangkan Toduang Bakotat Bungo Kirana dari Pauh Angit. Sementara, Siposan Rimbo RAPP menumbangkan sang juara tahun 2007, Tuah Inayan Mandulang Untuang.

Terakhir, Juragan Kuantan RAPP juga berada di jalan sebelah kanan akan berpacu melawan KNPI Bertuah Kuansing pada hilir ke-20.

Sedangkan jalur Upae Saghok Ghimbo Dusun RAPP menyatakan mundur dari arena setelah keputusan dewan hakim yang memenangkan dirinya dianulir. Hal ini berawal ketika Duri Bingkuang Rawang Panjang dari Pulau Kedundung Kuantan Tengah tidak terima dengan kekalahan itu.

Akhirnya, panitia penyelenggara memenangkan kedua jalur tersebut dan mereka kembali diadu pada hari kedua. Namun, Upae Saghok Ghimbo Dusun RAPP memilih untuk mundur dari pertarungan demi kelancaran iven tahunan ini.

Lantas, masihkah jalur-jalur tersebut mampu mengibarkan bendera PT RAPP sampai ke final? Atau sebaliknya, pada putaran pertama hari ketiga ini mereka tumbang. Sore ini pembuktiannya.(***)