PEKANBARU - Pelaksanaan wisuda merupakan perayaan yang ditungu-tungu bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan masa studinya. Namun, hal ini tidak bisa dirasakan langsung oleh mahasiswa angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.

Pasalnya mahasiswa angkatan 2015 ke bawah mengeluhkan lamanya waktu tunggu wisuda hingga penyerahan ijazah.

Hal inilah yang dirasakan oleh salah satu mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Eka, yang baru saja menyelesaikan validasi menuturkan bahwa ia harus menunggu sampai bulan April 2020 untuk dapat melaksanakan wisuda.

"Saya kecewa karena dapat jadwal di bulan April 2020, padahal bulan ini saya telah menyelesaikan study saya," kata Eka di UIN Suska Riau, Kamis (1/8/2019).

Eka menilai bahwa waktu tunggu wisuda di UIN Suska Riau lebih lama dibandingkan dengan universitas lainnya.

Menurut Eka, jika dibandingkan dengan teman-teman seangkatan di universitas lain mereka dapat wisuda di tahun ini dan waktu tunggu wisuda hanya berkisar satu minggu hingga satu bulan.

“Kalau gini ceritanya nuansa wisuda sudah hilang karena menunggu terlalu lama," tambahnya.

Hal serupa juga dirasakan mahasiswa Fakultas Hukum, Yeni, menilai kebijakan tanda pengukuhan atas selesainya studi dimana pihak kampus hanya membatasi lima periode dalam satu tahun dengan kuota 800 orang sekali wisuda, sangat merugikan mahasiswa yang ingin selesai dan wisuda tepat waktu.

Ia menyarankan, seharusnya pihak kampus menambah kuota wisuda atau paling tidak ketika kuota penuh langsung di wisuda tanpa ada penjadwalan.

"Sekarang saja untuk jadwal wisuda sudah sampai bulan April 2020 dan sudah terisi lebih dari 500 orang, jumlah sudah melewati setengah kuota yang ditentukan," kata Yeni.

Yeni berharap pihak kampus lebih peduli dan segera melakukan perombakan jadwal dan sistem wisuda di UIN Suska, sebab banyak mahasiswa yang ingin tamat tepat waktu, namun terhalang kuota wisuda.

Sebagai tambahan, pelaksanaan wisuda di UIN Suska Riau dijadwalkan dalam lima periode, yaitu pada bulan Februari, April, Juni, September, dan November. ***