PEKANBARU - Dalam sepekan terakhir ini intensitas hujan disebagian daerah di Provinsi Riau cukup tinggi. Akibatnya terjadi peningkatan elevasi di hulu sungai. Sekarang ini Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Kampar menyandang status waspada banjir.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger mengatakan, bahwa untuk bencana banjir di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, saat ini sudah surut dan kondusif, serta aktifitas warga sudah mulai kembali normal.

"Hanya saja di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, kondisi air masih sedikit bertahan. Dikarenakan kontur wilayah yang memang rendah, sehingga menjadi tempat tergenangnya air luapan sungai," ungkap Edwar.

Dikatakannya, seluruh sungai di Kabupaten Rokan Hulu sedang dalam status waspada banjir. Warga diingatkannya selalu waspada dan berhati-hati, bagi warga sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk kemungkinan terjadinya bencana banjir, tanah longsor ataupun orang tenggelam akibat derasnya arus sungai.

"Begitu juga untuk warga disekitar aliran sungai di Kabupaten Kampar, untuk ekstra waspada jika terjadinya luapan air sungai," jelas Edwar. ***