BENGKALIS- Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis, Bustami HY meminta kepada dinas terkait untuk menyiapkan skema dan skenario untuk persiapan perlombaan inovasi bagi pemerintah daerah dalam mendorong aktivitas kehidupan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 atau yang disebut kehidupan normal baru alias new normal yang ditaja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal itu disampaikan Plh Bupati ketika mengikuti video conference Mendagri bersama kepala daerah di Ruang Rapat Hang Tuah Kantor Bupati Bengkalis, Jumat (29/5/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk dapat kembali produktif, sehingga roda perekonomian seperti aktivitas perdagangan kembali berjalan normal seperti biasa.

"Lomba ini bertujuan untuk mendorong pencegahan Covid-19 melalui protokol kesehatan yang dibuat pemerintah daerah. Peserta dari lomba ini terdiri dari seluruh pemerintah daerah baik Provinsi, Kabupaten/Kota, termasuk daerah tertinggal atau perbatasan," ujar Mendagri Tito Karnavian.

Inovasi yang dinilai terbagi 7 kategori yaitu pengelolaan pasar tradisional, mal, sekolah, restoran, hotel, tempat wisata dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Ke-7 kategori ini dapat diikuti pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten/kota, termasuk daerah tertinggal/perbatasan sesuai dengan kondisinya masing-masing.

Penilaian lomba inovasi ini meliputi proposal ide inovasi, standar operasional atau prosedural petunjuk dan teknis serta video inovasi berdurasi 2 menit yang sudah terunggah ke dalam website.

Tim penilai lomba ini terdiri dari berbagai pihak, di antaranya Kemendagri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Terkait jadwal pelaksanaan, rencananya lomba ini akan berlangsung mulai dari 8 Juni dan diumumkan pemenangnya pada 28 Juni 2020.***