TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Terhadap peningkatan pendapatan daerah, Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Rosman Malomo mengakui bahwa kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kecil bila dibandingkan dengan penerimaan daerah lainnya.


Namun demikian, dikatakan Mantan Ketua DPRD Inhil ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil terus berusaha meningkatkan koordinasi antar SKPD terkait untuk menggali potensi pendapatan yang ada.


''Salah satunya menggali potensi retribusi pelayanan kepelabuhan di 5 Kecamatan dan retribusi menara telekomunikasi di 20 Kecamatan sesuai rencana program dan kegiatan di tahun 2015 dengan berkoordinasi dan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika,'' jelas Rosman Malamo.


Sedangkan melalui Dinas Pendapatan sendiri, dikatakan Suami dari Anggota Komisi I DPRD Inhil, Siti Bungatang ini, setiap tahun terus berusaha mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah terutama dari sektor pajak daerah dan retribusi daerah dengan kegiatan ekstensifikasi dan intensifikasi pajak dan retribusi daerah.

Ads

''Data potensi pajak daerah dan retribusi daerah setiap tahun terus diperbaharui dengan melakukan pendataan wajib pajak hingga ke desa-desa seperti potensi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) perdesaan dan perkotaan,'' ujarnya.


Ditambahkannya pula, kedepan melalui Dinas Pendapatan Pemkab akan terus menggali potensi-potensi dari sektor pajak dan retribusi daerah yang akan meningkatkan penerimaan daerah terutama dari PAD.


''Kita terus menggali potensi dengan tetap memperhatikan beban sosial ekonomi masyarakat dengan cara meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat sampai tingkat desa, pemutakhiran data kembali, Peningkatan SDM dibidang pajak dan retribusi daerah serta meningkatkan pelayanan wajib pajak daerah dan retribusi daerah,'' tutup Rosman Malomo.(ayu)