PEKANBARU - Pada seseorang yang mengalami kelebihan berat badan (overweight), cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengurangi berat badan.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mencapai tujuan penurunan berat badan, namun umumnya tidak bisa terjadi dalam waktu singkat. Proses penurunan berat badan membutuhkan dedikasi, kerja keras, dan kesabaran.

Ahli gizi klinis Ria Banerjee Ankola baru-baru ini membagikan perjalanan kebugarannya di Instagram, di mana dia menurunkan berat badan 60 kg dalam waktu empat tahun tanpa menjalani diet yang sulit atau ajaib.

"Anda tidak akan percaya, saya tidak membutuhkan sesuatu yang ajaib untuk melakukannya," ucap Ria.

Begini cara yang ditempuh wanita berusia 42 tahun tersebut: Menghindari asupan kafein terlalu banyak dan meminum air putih lebih banyak, menghindari camilan dan makanan yang tidak sehat dan tidak membuat tubuh kelaparan agar tidak makan dalam jumlah banyak, menghindari diet yang menjanjikan penurunan berat badan drastis karena biasanya sulit dilakukan dan membuat patah semangat.

"Saya memilih jenis olahraga yang saya sukai seperti latihan kekuatan ringan dan jalan cepat atau jogging," kata Ria.

Dia juga membatasi asupan gula, dan hanya sesekali mengonsumsi gula ketika melakukan cheating. Bahkan untuk menyedapkan makanan, dia memilih garam organik.

"Banyak garam organik tersedia. Cobalah garam tersebut karena enak. Saya berhenti menambahkan garam ekstra ke makanan saya," sebut Ria.

Dia pun menyebutkan, penurunan berat badan adalah proses yang lama dan membutuhkan kesabaran. "Saya menghindari ketidaksabaran dan memberi tubuh saya cukup waktu, ada kalanya saya hanya kehilangan 2 kg sebulan tapi saya baik-baik saja," tambahnya.

Menariknya, Ria menekankan dia tidak mengisolasi dirinya dari acara keluarga. "Saya tidak menghindari pertemuan sosial dan makan malam keluarga, tetapi memilih apa yang akan dimakan," katanya.

"Menurunkan berat badan tidak sesulit kelihatannya. Hanya saja Anda harus tetap fokus dan bertekad." ***