PEKANBARU - Istri Gubernur Riau, Misnarni Syamsuar berbagi resep favoritnya kepada ibu-ibu Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Riau. Acara masak memasak ini bertempat di Rumah Dinas Sekda Provinsi Riau, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Senin (27/12/2021).

"Hari ini saya akan memperagakan cara memasak Nasi Goreng Kencong dengan resep saya. Semoga nanti Ibu-ibu bisa mempraktekkannya untuk hidangan bagi suami dan keluarga," ucap Misnarni yang juga merupakan Ketua TP-PKK Provinsi Riau ini.

GoRiau
Sejumlah ibu-ibu yang hadir tampak sangat antusias dan tak sabar untuk segera menikmati nasi goreng ala wanita yang akrab disapa Bu Mis itu.

"Baiklah, Berikut ini saya sebutkan bahan-bahannya ya, nasi putih secukupnya, kencong diracik-racik (dipotong-potong: red), wortel diracik dadu, buncis juga diracik-racik. kemudian bawang putih dan bawang merah diblender langsung dicampur saja, ebi giling, bawang bombai, cabe giling agak kasar, telor sebagian kita ceplokkan, sebagian kita pecahkan. Tak lupa garam dan bumbu penyedap," papar Bu Mis sambil memperlihatkan bahan-bahan yang sebelumnya telah ia persiapkan sendiri.

GoRiau
"Untuk hiasannya nanti ada irisan timun dan tomat, daun seledri, teri, kacang, daun selada dan bawang goreng," lanjutnya.

Kemudian Bu Mis yang memang memiliki hobi masak ini mulai memasukkan bahan-bahan yang telah disiapkan tadi ke dalam kuali yang telah diisi dengan minyak goreng panas.

"Cara memasaknya, panaskan minyak, setelah panas tumis campuran bawang hingga harum. tambah ebi giling, cabe secukupnya, tumis hingga harum. Kemudian baru masukkan kencong, tambah garam, potongan wortel, ditumis hingga harum dan masak. Setelah itu, masukkan buncis. telur, bawang bombai. aduk semuanya, kemudian baru masukkan nasi dan diaduk sampai merata semuanya. Masukkan sebagian ikan teri goreng, seledri dan bawang goreng dan diaduk merata, tujuannya biar nasi goreng semakin wangi," ucap Bu Mis sambil terus megaduk nasi dan aneka bumbu serta sayuran yang telah dimasukkan ke kuali tadi.

"Warnanya cantik, rasanya pasti lezat," ujar seorang ibu-ibu peserta yang diiyakan oleh ibu yang lain.

Selesai memasak, Bu Mis melanjutkan dengan menghias wadah tempat nasi gorengnya. dimulai dengan meletakkan daun selada beberapa lembar sebagai alas, kemudian nasi dituangkan ke atasnya. Setelah itu diletakkan tambahan bawang goreng, teri dan kacang yang sudah digoreng, irisan timun dan tomat, serta taburkan juga daun seledri.

"Demikianlah Nasi Goreng Kencong ala Misnarni Syamsuar," ujar Ibu dari 3 orang putra itu yang disambut tepuk tangan ibu-ibu yang hadir.

Menurut Hj Misnarni, Nasi Goreng Kencong ini adalah menu favoritnya yang sering disajikan untuk Gubernur Riau dan juga para petugas yang mengiringi tugas sang suami dari pagi hari.

"Ini menu favorit saya yang sering saya masak untuk Bapak. Anak-anak yang bertugas di kediaman atau mengiringi acara Bapak pun kita hidangkan nasi goreng kencong ni sebelum memulai aktivitas," ujar Hj Misnarni.

Dalam kesempatan yang sama, Hj Misnarni turut mengajak untuk selalu rutin memasakkan sarapan bagi pasangan tercinta.

“Kami tau suami ibu-ibu semuo ni pasti sibuk, tapi tetap layani dengan penuh kasih sayang, salah satunya dengan menghidangkan sarapan pagi, bila tak sempat dimakan bisa dibekali untuk menemani kegiatan dan aktivitasnya seharian, selain dimasak dengan penuh rasa cinta, tentunya kebersihan masakah juga terjaga” tutup Misnarni. ***