JAKARTA - Pelatih kepala Tim Nasional Indonesia U16, Bima Sakti telah menentukan 23 nama pemain yang akan mengisi skuat Garuda Asia untuk Kualifikasi Piala AFC U16. Mereka tergabung di Grup G Piala AFC U16 2020 yang akan berlangsung 14-22 September 2019 di Jakarta.

Di Grup G, Indonesia yang akan bertindak sebagai tuan rumah. Selain itu, di grup ini ada negara-negara seperti China, Filipina, Brunei Darussalam dan Kepulauan Mariana.

Pertandingan kualifikasi akan digelar di Stadion Madya dan Gelora Bung Karno, Jakarta. Laga pertama grup G akan mempertemukan Brunei Darussalam versus China dan dilanjutkan pertandingan antara Kepulauan Mariana melawan Filipina.

“23 nama yang saya panggil merupakan pemain-pemain berdasarkan kualitas serta kebutuhan tim. Saya merasa yakin dengan kemampuan mereka,” buka Bima Sakti, Kamis (12/9).

“Kami masih ada beberapa hari untuk latihan persiapan, salah satunya besok pagi, sebelum latihan resmi jelang pertandingan. Karena kami baru akan bermain di tanggal 16 September 2019 melawan Filipina.”

“Kami akan manfaatkan untuk matangkan taktik dan strategi. Saya harap anak-anak bisa memberikan performa terbaik saat Piala AFF nanti. Kami siap mengarungi turnamen itu,” tambah mantan kapten Timnas era 2000-an tersebut.

Tim Nasional Indonesia sendiri sudah siap berlaga. Setelah tampil di Piala AFF U15 di Bangkok Thailand beberapa waktu lalu, tim polesan pelatih Bima Sakti ini beberapa kali menjalani laga uji coba dengan mengikuti dua turnamen di Myanmar dan Qatar.

Di bawah komando Bima Sakti, tim ini sukses meraih juara 3 turnamen Piala AFF U15 yang berlangsung di Chonburi, Thailand. Berikutnya, meraih peringkat kedua di ajang Boys Elite Football Tournament 2019 yang digelar di Stadion Mandalar Thiri, Myanmar. Kemudian kembali meraih peringkat kedua di ajang U16 Four Nations Tournament 2019 di Doha, Qatar. 

Berikut nama-nama pemain timnas U16

Penjaga Gawang:

1. I Made Putra Kaicen (Bali United)2. Nevin Geraldo Kosasih (Perseru BLFC)3. Ahmad Rifai (Askab Bekasi)

Belakang :

4. Marcell Januar Putra (Bali United)5. Kadek Arel Priyatna (Bali United)6. Dimas Juliono Pamungkas (Persib)7. Mochamad Aditya Rangga Saputra (Borneo FC)8. Mikael Alfredo Tata (Persipura)9. Alfin Farhan Lestaluhu (SKO Ragunan)10. Alexandro Felix Kamuru (Barito Putera)

Gelandang:

11. Resa Aditya Nugraha (Ps Tira)12. Marselino Ferdinan (Persebaya)13. Ruy Arianto (Persebaya)14. Diandra Diaz Dewari (Persib)15. Ahmad Athallah Araihan (SKO Ragunan)16. Aditya Daffa Al Haqi (Barito Putera)

Depan:

17. Muhammad Valeron (Persib)18. Raka Cahyana Rizky (Bekasi Raya)19. Elvateeh Varesia Akhada (PPLP Jateng)20. Wahyu Agung Drajat Mulyono (Persebaya)21. Fiore Rafli Alifasyah Zainal (Persija)22. Wahyu Pratama (Borneo FC)23. Mohamad Faizal Shaifullah (Persela). ***