TOKYO - Pihak panitia penyelenggara akan melakukan pembatasan peserta upacara pembukaan Olimpiade 2020 Tokyo di Stadion Nasional Jepang besok Jumat (23/7/2021) sore waktu setempat. Hal ini dilakukan karena pelaksanaan empat olahraga akbar dunia empat tahunan ini diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19.

Setiap negara peserta akan dibatasi, termasuk Indonesia hanya akan mengirimkan maksimum 10 perwakilan yang akan diperkenankan mengikuti defile. Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan pembukaan Olimpiade 2020 hanya akan diikuti 10 perwakilan dari tiap-tiap negara dan telah ditetapkan panitia penyelenggara (TOCOG). Ia pun memaklumi batasan itu dan untuk defile Indonesia akan diwakili atlet-atlet yang pada keesokan harinya tidak bertanding guna menjaga fisik dan kesehatan atlet.

Atlet angkat besi, Nurul Akmal, dan atlet surfing, Rio Waida, akan ditugaskan sebagai pembawa bendera Merah Putih pada upacara pembukaan Olimpiade edisi kali ini.

"Besok akan diselenggarakan upacara pembukaan Olimpiade Tokyo dan Indonesia termasuk yang ikut parade itu. Rencananya, maksimum 10 orang karena memang ditentukan keterbatasannya," kata Rosan P. Roeslani dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/7/2021).

Sebanyak 10 orang tersebut antara lain CdM Rosan Roeslani, perenang Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani, lifter Nurul Akmal, peselencar Rio Waida, dan pelatih angkat besi Dirdja Wihardja.

Lifter Nurul Akmal dan peselancar Rio Waida juga didaulat menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam pembukaan Olimpiade yang akan dibuka oleh Kaisar Jepang itu pukul 20.00 waktu setempat atau 18.00 WIB.

Panitia penyelenggara Olimpiade juga membatasi jumlah undangan yang hadir pada upacara pembukaan, yakni sebanyak 10 ribu tamu. Jumlah tersebut berasal dari diplomat hingga anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC). Upacara pembukaan Olimpiade kali ini juga akan digelar tertutup tanpa penonton.

Olimpiade Tokyo 2020 dijadwalkan berlangsung pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang, meskipun dua cabang olahraga, sepakbola dan softball/baseball sudah lebih dulu bertanding sejak 21 Juli lalu.

Daftar Peserta defile Indonesia :

1. Chef de Mission (CdM): Rosan P Roeslani

2. Atlet renang: Aflah Fadlan Prawira

3. Atlet renang: Azzahra Permatahani

4. Atlet angkat besi: Nurul Akmal

5. Atlet surfing: Rio Waida

6. Pelatih surfing: Tipi Jabrik

7. Pelatih angkat besi: Dirdja Wihardja

8. Manajer renang: Harlin Rahardjo

9. Pelatih renang: Donny B Utomo

10. Pelatih bulu tangkis: Rionny Mainaky. ***