PANGKALAN KERINCI -Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, Asril M.Kes mengungkapkan bahwa capaian vaksinasi Covid-19 di Pelalawan sudah mencapai 38 persen lebih.

"Capaian vaksinasi Covid-19 Kabupaten Pelalawan, sudah mencapai 38 persen lebih," terang Asril, kepada GoRiau.com.

Namun menurutnya, jika digabungkan dengan angka vaksinasi gotong-royong maka capaian vaksinasi sudah 50 persen lebih.

"Untuk capaian vaksinasi kondisi sekarang itu 38 persen lebih. Tapi kalau dihitung dari yang TNI dan gotong-royong sebetulnya lebih dari 50 persen," terang Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pelalawan ini.

Lebih lanjut ia menambahkan, meski sempat naik ke status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, Kabupaten Pelalawan telah resmi turun PPKM level 2.

Turunnya status PPKM di Kabupaten Pelalawan ke level 2 ini setelah keluarnya Imendagri tertangal 22 November 2021.

"Untuk status PPKM, Pelalawan level 2 sesuai dengan Imendagri yang baru keluar. Jadi ada beberapa kabupaten, termasuk Pelalawan yang turun level dari level 3 menjadi level 2," terang Asril.

Turunnya level PPKM ini, jelas dia, ada 6 indikator seperti angka hunian runah sakit yang turun sampai titik 0. Kemudian angka kesembuhan, angka kasus, angka tracing dan juga capaian vaksinasi.

"Upaya kita menurunkan level itu Alhamdulillah dalam minggu-minggu ini sudah berhasil, menurunkan angka kasus kemudian juga angka capaian vaksinasi yang meningkat," papar Asril, Jumat (26/11/2021).***