PEKANBARU - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah untuk melakukan langkah tegas mencegah varian virus B.1.1.529. Melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Pekanbaru, Jumat (26/11/2021), Dasco mengungkap laporan bahwa virus itu tengah menginfeksi Arika Selatan.

"Segera lakukan pembatasan perjalanan dari Afrika Selatan dan negara-negara lain yang teridentifikasi terpapar varian B.1.1.529," kutipan pernyataan Dasco yang dibaca GoRiau.com, Jumat (26/11/2021).

Pemerintah, kata Dasco, juga harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para pelancong Indonesia yang kembali dari tujuan negara-negara yang terindentifikasi terpapar B.1.1.529. "Yaitu harus dikarantina dan dipastikan tidak teridentifikasi varian virus baru,".

Selain itu, Dasco juga meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) untuk segera melakukan penelitian agar memiliki informasi dan data akurat perihal varian B.1.1.529 yang disebut bisa bermutasi dua kali lipat lebih banyak dari pada jumlah mutasi varian Delta.***