JAKARTA, GORIAU.COM - Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menolak tawaran hibah 30 bus oleh Roda Mas Group. Pasalnya, hibah yang ditawarkan Roda Mas Group dilakukan dengan syarat pengurangan pajak dan pengelolaan bus selama lima tahun.

"Dia mau minta ini minta itu. Kita bisa dapat apa? Yah kalau lu mau ngasih jangan naikkan persyaratan. Kalau gitu kalian bisa minta apa saja dong," kata pria yang akrab disapa Ahok di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Ahok merasa keberatan adanya persyaratan timbal balik yang ditawarkan perusahaan tersebut diantaranya, mengurangi pajak dan pengelolaan bus ditangan Roda Mas Group selama lima tahun. Baru setelah itu, 30 bus tersebut akan dihibahkan ke Pemprov DKI Jakarta.

"Dia mau timbal balik, seperti kurangin pajak segala macam. Kalau kamu nggak kasih saya, saya nggak bisa servis mobil anda, saya bilang. Dia pengennya ngasih setelah lima tahun, setelah perusahaannya itu ngurangin pajak," ujarnya.

Karena persyaratan tersebut dinilai terlalu menekan Pemprov DKI, Ahok menolak persyaratan yang diajukan Roda Mas Group. Namun, dia tidak menolak bila 30 bus tersebut dihibahkan tanpa syarat apa pun kepada Pemprov DKI.

"Kita nggak bisa terima dong kalau gitu. Bayar pajaknya gimana? Kita nggak bisa servis kan. Kita tidak tolak busnya, kalau mau ngasih terima saja. Konsepnya kita kasih langsung busnya. Kalau tidak, kita carikan dan kita buatkan MoU. Kami masukkan ke BLU Transjakarta, ditenderkan dan dibayarkan sama. Bisa saja begitu," paparnya.

Seperti diketahui, Roda Mas Group mendatangi Ahok di Balai Kota DKI pada Kamis (12/9). Mereka mau menawarkan hibah bus besar sebanyak 30 unit dengan beberapa persyaratan.

Antara lain, selama 5 tahun perusahaan tersebut akan melakukan perawatan dan pemasangan iklan. Sedangkan pajak untuk iklan tetap diberlakukan. 30 bus besar yang akan dihibahkan bermerk Inno dan izuzu.

Bagaimana menurut pembaca GoRiau.com, kira-kira kalau yang ditawarkan bus hibah tersebut pemimpin kita, akankah pemimpin kita melakukan hal yang sama.? ..***