KAMPAR - Tiga sekolah di Kabupaten Kampar, Riau kembali menorehkan prestasi gemilang. Lembaga yang memiliki sistem pendidikan formal dan non formal ini kembali meraih Piagam Penghargaan Adiwiyata tahun 2021.

Hal ini diapresiasi langsung oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto yang diwakili oleh Sekda Kampar Drs Yusri, Senin (26/7/2021).

Tiga sekolah itu adalah SDN 036 Tanah Datar Kecamatan Tapung Hulu, SDN 008 Kuntu Kecamatan Kampar Kiri, dan SDN 007 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang.

Sekdakab Kampar dalam sambutannya berterima kasih dan mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih. "Terima kasih bapak ibu telah menjadikan sekolah ramah lingkungan, ini tentunya prestasi yang sangat membanggakan. Pemerintah sangat mengapresiasi raihan ini," ujar Yusri memulai sambutannya. 

"Dahulu sekolah hanya terbatas bagaimana sistem pembelajaran teori di kelas setiap hari. Namun hari ini, sistem telah banyak berbenah dan diperbaharui. Terutama memastikan adanya partisipasi aktif dan berwawasan lingkungan. Tentunya ini perubahan yang positif. Kepada sekolah yang meraih piagam adiwiyata, hendaknya bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan prestasi ini," lanjut pria bergelar Datuk Bandaro Mudo di hadapan para perwakilan sekolah. 

Sementara itu Kepala Dinas DLH Kabupaten Kampar, Aliman Makmur mengatakan tujuan diselenggarakan penghargaan Adiwiyata ini untuk melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di kawasan sekolah. Hal ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019.***