SELATPANJANG, GORIAU.COM - Ada beberapa Sekolah yang jabatan kepaala sekolahnya kosong karena akan ditinggal Kepala sekolah lama yang sudah pensiun dan pindah. Untuk mencari penggantinya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti akan memberlakukan syarat dan uji kompetensi terlebih dahulu sebelum diterima menjadi kepala sekolah.

"Jadi siapa saja yang berminat bisa mendaftarkannya kepada kita (Disdikbud, red)," kata Kepala Disdikbud Meranti, Bakhtiar MP kamis (9/1/2014) kemarin.

Adapun beberapa syarat yang wajib dipenuhi sebelum melamar dan mengajukan diri kata Bakhtiar diantaranya, minimal sudah menjalani masa kerja dan mengajar menjadi guru selama enam tahun. Kemudian memiliki pangkat dan golongan paling rendah 3C dan sehat jasmani dan rohani serta syarat lainnya.

Bahtiar juga mengatakan, ini hanya berlaku bagi guru yang bertugas di wilayah Kepulauan Meranti.

Bakhtiar menambahkan tim yang akan melakukan uji kompetensi ini sendiri masih di dalam internal Disdikbud Meranti sendiri. Walaupun ia berencana tim yang akan menguji kompetensi atau uji kelayakan ini nantinya akan melibatkan institusi lainnya seperti Inspektorat dan DPRD serta Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pembinaan (BKPP).

"Memang lebih baik tim terdiri dari Disdik, Inspektorat dan DPRD serta BKPP. Namun itu untuk masa yang akan datang. Sebab menyangkut dengan anggaran pelaksanaannya sendiri. Jadi saat ini masih kita di internal saja dulu yang melibatkan seluruh Kabid, Sekretaris Dinas dan Kepala Dinas sendiri," jelasnya.

Pelaksanaan uji kompetensi ini dilaksanakan, aku Kadisdik Kepulauan Meranti itu untuk menjawab adanya dugaan bahwa pengangkatan Kepala Sekolah yang dilakukannya tidak objektif dan dituding asal angkat saja. "Untuk pelaksanaan uji kelayakan perdana kami laksanakan pada pekan ketiga atau keempat dalam bulan ini untuk mendapatkan kepala sekolah yang akan mengisi sejumlah sekolah di Selatpanjang. Bagi yang berminat bisa segera mendafatrkan ke kita (Didikbud)," terang Bakhtiar.

Selain itu kata Bahtiar pula, tes uji kompetensi ini difokuskan khusus bagi sekolah yang ada di Selatpanjang dulu, yang notabene menjadi barometer dalam kualitas pendidikan di Meranti.***