SIAK- Perpani Siak mengirimkan 3 atlit terbaiknya pada kejuaraan Panahan Jambi Open Archery Tournament 2021. Ada 2 nomor pertandingan yang diikuti yaitu Nomor Nasional Umum dan Nomor FITA Compound.

Atlit asal Kabupaten Siak berhasil meraih 2 medali emas, masing-masing 1 medali emas di Nomor Perorangan Nasional Umum Putri atas nama Rizka Sakdiah dan 1 medali emas di Nomor Mix Team Nasional Umum atas nama M. Afdi dan Rizka Sakdiah.

Kejuaraan tersebut berlangsung mulai tanggal 27 hingga 31 Januari 2021 dan diikuti oleh 250 atlet dari berbagai daerah di Sumatera. Nomor-nomor yang diperlombakan adalah Divisi Nasional, Divisi Recurve, Divisi Compound, Divisi Barebow dan Divisi Horsebow Putra dan Putri.

Kejuaraan yang dibuka langsung oleh Ketua Umum KONI Provinsi Jambi Budi Setiawan di lapangan Tri Lomba Juang KONI Jambi, Rabu (27/1/2021) kemarin ini merupakan rangkaian hari ulang tahun Provinsi Jambi.

Turun di Nomor Nasional Umum yang diikuti oleh 35 orang pemanah putri, akhirnya atlit panahan Kabupaten Siak Rizka Sakdiah meraih emas pertama dibabak kualifikasi setelah mencatatkan skor tertinggi.

Namun sayang dibabak eliminasi, Rizka gagal menambah medali setelah dikalahkan oleh Saskiya pemanah Klub Kodam Archery Jambi perebutan Perunggu.

Tambahan 1 medali emas didapatkan Perpani Siak melalui Nomor Mix Team Nasional Umum setelah M. Afdi dan Rizka Sakdiah mengalahkan pemanah Klub Kobar asal Jambi.

Kejuaraan ini sendiri merupakan kejuaraan panahan pertama dimasa pandemi Covid-19 sejak Maret 2020.

Sempat akan dilaksanakan beberapa kejuaraan panahan di tahun 2020, namun semuanya terpaksa ditunda dengan alasan keselamatan.

Baru Jambi Open inilah merupakan kejuaraan panahan yang diselenggarakan langsung dimasa pandemi ini, dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Dihentikannya event kejuaraan termasuk panahan dimasa pandemi Covid-19 ini memang berdampak langsung terhadap prestasi atlet.

Untuk menyiasati hal tersebut, biasanya dilaksanakan kejuaraan secara online virtual yang beberapa kali juga diikuti oleh atlet Perpani Siak.

Younggi Raufanto yang bertindak selaku pelatih Perpani Siak dalam kejuaraan ini mengatakan bahwa atlet nya sangat antusias untuk mengikuti event ini dikarenakan sudah sangat rindu dengan kejuaraan secara langsung.

"Selama inikan kita hanya bisa tanding secara online, baru ini setelah hampir setahun gak ada turun di event kejuaraan langsung, mereka bisa bertanding lagi" kata Younggi.

Sementara itu Ketua Perpani Siak, Nurhisyam yang akrab disapa Adek ketika diminta tanggapannya mengenai hasil yang diraih tim nya pada kejuaraan panahan Jambi Open ini menyatakan sangat puas atas capaian 2 medali emas yang diterima, mengingat jumlah atlet yang bisa dikirim juga terbatas dan persiapan tim nya juga sangat singkat.

"Kami sangat puas atas capaian atlet Perpani Siak di Jambi Open, walaupun dengan persiapan yang tidak maksimal kemarin itu karena ada beberapa kendala sebelum keberangkatan," katanya.

Selanjutnya dalam waktu dekat Perpani Siak akan mengikuti event panahan online #SAH5 pada tanggal 27 Februari 2021, yang berpusat di Bengkulu dan dilaksanakan di tempat masing-masing.

Perpani Siak berencana menurunkan semua atlet nya dan akan dilaksanakan di Sport Hall Siak, karena ini sifatnya kejuaraan indoor. Kegiatan ini sendiri rencananya akan dirangkai dengan Pengukuhan Pengurus Perpani Siak masa bhakti 2020-2024.

"Bagi masyarakat Siak yang ingin tahu lebih lanjut seperti apa event kejuaraan panahan indoor, kami undang untuk dapat hadir pada acara tersebut", tutupnya. ***