JAKARTA - Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia Syabda Perkasa Belawa mengalami kecelakaan di tol Pemalang, Jawa Tengah, Senin (20/3/2023). Pebulu tangkis muda itu wafat akibat kecelakaan tersebut.

Dikutip dari Tempo.co, Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menyebutkan, Syabda mengalami kecelakaan saat melakukan perjalanan menuju Sragen untuk berziarah ke makam neneknya.

"Keluarga besar PP PBSI mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu atlet muda Indonesia, Syabda Perkasa Belawa," tulis keterangan PP PBSI.

Dikutip dari Republika.co.id, ibunda Syabda, Anik Sulistyowati juga ikut wafat akibat kecelakaan tersebut.

"Selamat pagi, Innalilahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah Syabda Perkasa Belawa. Syabda berpulang akibat kecelakaan yang terjadi di tol Pemalang. Syabda bersama keluarga hendak pulang ke Sragen rumah nenek, karena neneknya meninggal pada Minggu malam," tulis manajer Syabda, Ara. 

Dalam mobil tersebut dilaporkan juga ada ayah Syabda, Muanis. Saat ini Muanis masih dalam perawatan. Saat ini pihak keluarga belum bisa menjelaskan bagaimana kronologi kecelakaan. 

"Mohon doa dari para badminton lovers dan masyarakat di seluruh Indonesia, semoga Syabda bersama Ibundanya diterima di sisi Allah SWT. Mohon dimaafkan kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja oleh keduanya," kata Ara.

Prestasi Syabda

Syabda mengawali kariernya sebagai pebulu tangkis dengan bergabung ke klub PB Djarum Kudus pada 2013. Ia kemudian mendapat panggilan untuk pemusatan latihan nasional (pelatnas) pada 2018 sampai saat ini.

Pemain tunggal putra itu sempat mengikuti beberapa kejuaraan junior, seperti Asian World Championships 2018 dan World Junior Championships 2019 sebelum debut di turnamen senior Thomas Cup 2022.

Penampilannya di Thomas Cup 2022 mendapatkan sorotan. Turun di partai terakhir sebagai tunggal ketiga, Syabda menjadi penentu kemenangan tim bulu tangkis Indonesia atas Korea Selatan di laga terakhir Grup A di turnamen beregu.

Berikut deretan prestasi yang pernah diraih Syabda:

1. Medali silver Asian Junior Championships 2019

2. Medali emas World Junior Championships 2019

3. Medali emas BWF Junior International 2019

4. Medali emas PON Papua 2021

5. Medali silver Thomas Cup 2022

6. Medali emas Lithuanian International 2022

7. Medali emas Malaysia International 2022

8. Medali emas Iran Fajr International 2022

Syabda juga pernah tampil di beberapa ajang senior meski tak mendulang medali, seperti Indonesia Masters 2018, 2019, 2020, 2021, 2022 dan Indonesia Masters Super 100 pada tahun yang sama kecuali 2022.

Dengan berbagai prestasi dan keikutsertaannya di sejumlah turnamen, Syabda Perkasa Belawa menduduki peringkat 90 dunia BWF.***