DUMAI, GORIAU.COM - Sempena memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Angkatan Laut (AL) yang ke-68 tahun 2013 jatuh pada 10 September 2013, ratusan TNI AL Kota Dumai melaksanakan kegiatan lingkungan dengan cara menanam sebanyak 2000 bibit Mangrove di Patai Purnama.

Komandan TNI AL Kota Dumai, Kolonel Laut (P) Budi Purwanto, Jumat (6/9/2013) disela-sela melaksanakan penanaman Mangrove mengatakan bahwa kegiatan menanam mangrove sebagai bentuk kepedulian TNI AL Dumai untuk menjaga dan melestarian hutan Mangrove yang ada di Kota Dumai.

''Dalam kegiatan ini, sedikitnya 2 ribu bibit Mangrove kami tanam disepanjang bibir pantai Purnama Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai barat yang dilaksanakan sempena HUT TNI AL ke - 68 Tahun 2013,'' kata Kolonel Laut (P) Budi Purwanto.

Dengan ditanamnya Mangrove disepanjang bibir pantai Purnama, kata Budi, diharapkan dapat melindungi pantai dari abrasi. Karena mangrove akan berfungsi sebagai pemecah ombak untuk mencegah terjadinya abrasi dibibir pantai.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kegiatan Penanaman Mangrove menjadi salah satu kegiatan sebagai bentuk kepedulian TNI AL Dumai dalam menjaga dan Melestarian hutan Mangrove yang ada di Kota Dumai, masih ada kegiatan lain yang akan dilaksanakan oleh Lanal Dumai pada HUT AL ke-68 tahun 2013 ini diantaranya, Turnament Futsal, Donor Darah, Pengecatan rumah ibadah, dan gotong royong bersama.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H. Syamsuddin yang hadir mewakili Walikota untuk membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa pemerintah sangat menyambut baik kegiatan yang dilakukan TNI AL sempena HUT AL.

''Kegiatan seperti ini agar menjadi contoh dan panutan bagi instansi lainnya sebagai wujud nyata peduli terhadap lingkungan, terutama menjaga pantai agar terhindar dari abrasi,'' katanya.(egy)
 

Ads