PASIR PANGARAIN, GORIAU.COM - Sekitar 30 rumah warga di Dusun Tanjung Belanti (Tambe), Kelurahan Pasir Pangaraian, Kecamatan Rambah- Rohul, sekitar pukul 23.00 Wib, Kamis (26/12/2013) digenangi air. Air meluap masuk rumah akibat hujan deras selama dua jam malam ini dan air sungai meluap.

Dampak hujan deras sekitar 2 jam itu, membuat anak sungai Tanjung Belanti meluap. Air pun begitu deras memasuki rumah warga hingga sejumlah barang-barang warga basah, seprti tempat tidur, lemari dan lainnya.

Ketua RT II Tambel, Jabal, mengatakan sekitar 2 RT terkena banjir dengan jumlahnya sebanyak 30 Kepala Keluarga (KK). Warga tidak sempat menyelamat buku-buku sekolah, beras dan barang-barang lain karena air begitu cepat mengisi seluruh isi rumah.

''Penyebab banjir karena hujan deras, kemudian gorong-gorong ada melintang pipa PDAM, sehingga sampah-sampah masyarakat tersangkut di situ,'' kata Jabal.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceng Herdiana ST, MM sudah berada di TKP, anggota sudah melakukan pendataan berapa rumah terkena dampak banjir.

''Hasil pendataan kita di lapangan, baru 15 KK sekitar 50 terkena dampak, kita masih terus melakukan pendataan, setelah valid nanti akan kita laporkan pada Dinas Sosial,'' kata Aceng. (srt)