SIAK - Data Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Siak mencatat sebanyak 314 peserta CPNS tidak hadir hingga hari ketiga tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II Kelurahan Mempura, Kecamatan Mempura.

"Sejak Senin hingga Rabu, untuk jumlah CPNS yang mengikuti tes SKD sebanyak 2.686 dari 3000 orang. Artinya 314 peserta tidak datang," kata Kepala BKPSDM Siak, melalui Kabid Administrasi Kepegawaian Nofitrizal, Kamis (30/1/2020).

Nofit merincikan, peserta CPNS yang hadir sampai dihari ketiga antaralain, hari pertama hadir 908 orang, hari kedua 928 orang, dan hari ketiga 850 orang, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 2.686 orang.

Disebutkannya, pada tes SKD peserta CPNS harus memiliki nilai untuk tahap pertama seleksi meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) harus mencapai nilai 65. Lalu, Tes Intelengensia Umum (TIU) harus meraih nilai 80 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) meraup nilai 126.

"Sehingga total nilai yang harus diperoleh peserta CPNS 271. Jika salah satu dari nilai tersebut tidak mencukupi, maka peserta dinyatakan gugur," jelasnya.

Nofit bilang, penyebab peserta yang dianggap tidak hadir diantaranya karena terlambat datang, dan tidak tahu informasi waktu ujian. Padahal kata dia, informasi sudah disebarkan luaskan melalui website maupun melalui papan pengumuman yang ditelah disediakan. ***