PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Event Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN) 2013 yang berlangsung sejak 23 Mei telah berakhir pada Sabtu malam (26/5/2013) di Hall B JCC Senayan, Jakarta. Dalam event tersebut, Kabupaten Pelalawan yang menjadi salah satu peserta dari 115 Dinas Pariwisata beberapa provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia berhasil meraih juara II. Destinasi wisata Bono menjadi salah satu objek yang mengantarkan Pelalawan menjadi daerah yang layak dikunjungi.

"Alhadmulillah, dari 115 dinas pariwisata se Indonesia yang ikut pada ajang ini, Kabupaten Pelalawan mendapat ranking II mengalahkan ratusan daerah lainnya," terang Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan H Zulkifli,S.Ag,M.Si melalui staf PPK Tengku Kaharuddin,S.Sos melalui telepon selularnya Selasa (28/5) kemarin sambil menyebutkan juara pertama dan ketiga pada iven ini Kepri dan Pangkalan Pinang.

Pada kegiatan yang ditaja PT Wahyu Promocitra yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sejak tahun 2003 sebut Kahar, stan Kabupaten Pelalawan yang diawaki tim yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan H Zulkifli,S.Ag,M.Si Bujang dan Dara Kabupaten Pelalawan 2013 Yongki Wiradinata dan Sri Rahmati, tak hanya menampilkan objek wisata Bono dan sejumlah tempat menarik lainnya, tapi juga menyajikan kuliner khas Kabupaten Pelalawan.

"Tak hanya Bono, kita juga sajikan kuliner Pelalawan seperti manisan terung asam, buah nipah, dodol kacang, dodol labu, lipat pulut, serondeng, kue bangkit, kue timbul dan lainnya," ujarnya.

Ditambahkannya, GWBN sendiri adalah pameran yang menampilkan beragam destinasi wisata di Indonesia. Tahun 2013 kali ini, pameran tersebut sudah mencapai usia 11 tahun. Stan-stan tiap wilayah di Indonesia memamerkan berbagai pesona destinasinya. "Termasuk Pelalawan dengan berbagai keunikan objek wisata yang masih perawan dan menjadi daya tarik yang menjadi destinasi pengunjung," tutupnya.(ilm)