JAKARTA - Sidang Paripurna DPR RI Pengucapan Sumpah dan Janji DPR RI periode 2019-2024 telah sukses digelar di bawah pimpinan sidang, Ketua DPR RI sementara, Abdul Wahhab di Gedung Kura-Kura, Jakarta, Selasa (1/10/2019)

Sebanyak 575 Anggota DPR RI yang akan menjabat di periode tersebut disumpah di bawah pimpinan sumpah, Ketua Mahkamah Agung (MA) RI, Hatta Ali pada pukul 10.13 WIB.

"Sebelum memangku jabatan DPR RI, saudara-saudara wajib bersumpah atau berjanji menurut agama masing-masing. Apakah saudara2 bersedia?," tanya Ketua MA yang dijawab, "bersedia!" secara serentak oleh para legislator terpilih.

Hatta Ali melanjutkan, "Patut saya ingatkan bahwa sumpah janji yang akan saudara ucapkan mengandung tanggung jawab kepada Negara Republik Indonesia, kepada Pancasila, dan UUD 1945. Sumpah atau janji ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia, yang harus ditepati dengan segala kejujuran,".

Hatta Ali, kemudian memimpin pelafalan pembuka sumpah sesuai agama masing-masing anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 dan pelafalan bunyi kalimat sumpah yang diikuti serentak oleh segenap anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajban saya sebagai anggota DPR RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan bepedoman kepada Pancasila dan UUD NRI 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan bangsa dari pada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili utuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentinan bangsa dan NKRI," bunyi 3 poin sumpah legislator itu.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Sumpah dan Janji secara simbolik dan penandatangan oleh setiap anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024. 575 anggota terpilih itu, menandatangi dokumen berita acara yang telah tersedia di meja mereka masing-masing sebelum pukul 10.25 WIB.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan buku memori DPR RI periode sebelumnya kepada DPR RI periode 2019-20124. Serah terima memori yang berisi kerja DPR 2014-2019 itu, berlangsung antara Ketua DPR RI sebelumnya, Bambang Soesatyo dengan Ketua DPR RI sementara periode 2019-2024, Abdul Wahhab.

Di penguhujung acara yang selesai pada pukul 10.34 WIB, Abdul Wahhab mengemukakan, bahwa pihaknya akan mengadakan konsultasi dengan perwakilan masing-masing Partai Politik pada pukul 16.00 WIB sore nanti.

Sebagai tambahan, pengucapan sumpah atau janji sebelum menjabat anggota DPR RI ini, merupakan amanat dari pasal 77 UU MD3 (MPR/DPR/DPD/DPRD).***