BENGKALIS–Hari ini Bengkalis telah berusia ke-509 yang ditandai dengan sidang paripurna istimewa di Gedung DPRD Kabupaten Bengkalis, Jumat (30/7/2021).

Tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, puncak perayaan HUT ke-509 Bengkalis tahun ini dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan dikarenakan saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Adapun tema peringatan HUT tahun ini “Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera”.

Bupati Kasmarni mengajak masyarakat  menjadikan hari jadi Bengkalis sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah dengan karya dan prestasi.

“Mari kita jadikan hari kelahiran Bengkalis sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja yang produktif dan inovatif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih bermarwah, maju dan sejahtera,” ajak Kasmarni.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bengkalis Kasmarni mengungkapkan, momentum peringatan hari jadi ini selayaknya digunakan untuk melihat ke belakang, bahwa lebih dari sekedar saksi sejarah, Kota Bengkalis merupakan bagian integral perjuangan putra putri terbaik di tanah Terubuk ini, berjuang bersabung nyawa melawan keangkuhan Portugis tahun 1512 atau ±507 tahun silam.

“Peristiwa heroik yang menjadi catatan sejarah inilah menjadi  bukti bahwa  eksistensi pendahulu-pendahulu kita berani melawan penjajah, masyarakat Bengkalis waktu itu memiliki semangat juang yang luar biasa dan gagah berani,” ujar Kasmarni.

Lanjut Kasmarni, semangat perjuangan tersebut tidak pernah pudar, bahkan akan terus terbangun dan bekerja keras mewujudkan negeri ini dengan fokus menjadikan Pulau Bengkalis sebagai cluster pemerintahan, pusat pendidikan terpadu dan pusat pengembangan budaya melayu.

Kasmarni  mengajak menjadikan  hari kelahiran Bengkalis sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja yang produktif dan inovatif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan  yang lebih bermarwah, maju dan sejahtera. 

“Rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Bengkalis hendaknya  terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan terwujud dalam setiap diri pribadi masyarakat Bengkalis. Rasa cinta dan bangga  ini harustermanifestasi dalam kerja keras, kerja ihklas, kerja cerdas dan kerja tuntas sesuai dengan potensi dan profesi kita masing-masing,” lanjutnya

Kemudian Gubernur Riau diwakili Asisten Setda Prov Syahrial Abdi menambahkan Bengkalis sudah berusia lebih dari lima abad, jadikan momen hari jadi ini untuk terus berjuang dalam membangun Bengkalis yang maju, gemilang di masa mendatang.

“Meski perayaan dalam kondisi pandemi covid, namun tidak menghilangkan makna dan arti dari hari jadi Bengkalis tahun ini. Jadikan wabah ini sebagai ujian dari Tuhan Yang Maha Esa serta kita tetap berikhtiar dalam menggerakkan program-program pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Bengkalis,” ungkap mantan Pj Bupati Bengkalis itu.

Mengenang Sejarah

Sempena Hari Jadi ke-509 Bengkalis tahun 2021, DPRD Bengkalis menggelar rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Bengkalis, Jumat (30/7/2021). Sidang digelar guna mengenang dan apresiasi terhadap sejarah perjuangan daerah Bengkalis, yang dilaksanakan setiap tanggal 30 Juli sejak disahkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bengkalis Nomor 20 tahun 2004 tentang penetapan Hari Jadi Bengkalis.

Rapat paripurna istimewa dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Khairul Umam dan diikuti 27 anggota DPRD Bengkalis baik langsung maupun virtual. Hadir Gubernur Riau diwakili Asisten Setdaprov Syahrial Abdi, Bupati Bengkalis Kasmarni, Wakil Bupati Bagus Santoso, mantan Bupati Bengkalis Syamsurizal, sejumlah perwakilan dari bupati/wali Kota se-Provinsi Riau, Forkopimda dan sejumlah kepala perangkat daerah.***