PEKANBARU - Perkemahan Bukik Tobek bisa menjadi salah satu destinasi wisata bagi pecinta alam yang ingin menikmati paduan suara alam, dengan pemandangan sungai dan pepohonan di Provinsi Riau. Menuju lokasi ini, perjalanan dari Kota Pekanbaru memakan waktu sekitar 2 jam, menyusuri Jalan Raya Kuntu hingga mencapai desa Gema di Kampar Kiri, Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Harga yang ditawarkan untuk berkemah di lokasi ini juga masih terjangkau. Khairul, salah satu pengelola dan penyedia penyewaan peralatan di wisata ini menjelaskan, dengan harga yang terjangkau, semua peralatan dapat disewa sesuai kebutuhan pengunjung.

GoRiau Pemandangan di depan perkemaha
Pemandangan di depan perkemahan Bukik Tobek Kampar

"Kita ada semua peralatan untuk kamping, kalau ada yang cuma mau bawa badan sama baju saja, bisa sewa peralatan ke kita. Cuma kalau kelompok pengunjung dalam jumlah besar, harus buat janji dulu, paling tidak seminggu lebih sebelum datang," ujarnya, Minggu (24/10/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan harga sewa tenda permalam berkisar Rp25 ribu sampai Rp40 ribu dengan kapasitas minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Sementara untuk tas carrier ukuran 60 L dan sepatu gunung seharga Rp25 ribu.

Jika membutuhkan sendal, gunung, meja, nesting, dapat disewa masing-masing seharga Rp15 ribu. Untuk kursi lipat, kompor portable, trecking pole, Hammock, sleeping bag, lampu LED, gas refil dan tiang flysheet masing-masing seharga Rp10 ribu.

"Mau pakai matras, lampu tenda, head lamp, bantal tiup, dan topi rimba, bisa disewa masing-masingnya Rp5 ribu," jelasnya.

Selain itu, pengunjung juga bisa memesan camping ceria rimbang baling dengan merogoh Rp200 ribu perorang permalam. Dengan harga ini, pengunjung akan memiliki tour guide untuk rute kamping di perkemahan Bukik Tobek, susur Sungai Subayang, Jembatan Gantung Muara Sidu, Basecamp WWF, dan Air Terjun Batu Dinding, dengan sejumlah fasilitas penunjangnya.

"Untuk tour ini, minimal ada 7 orang," pungkasnya. ***