TEMBILAHAN - Pasar Tradisional Selodang, yang berada di jantung Kota Tembilahan memasuki H-4 Lebaran Idul Fitri 1445 H, kini mulai ramai dipadati pengunjung yang ingin membeli berbagai kebutuhan bahan pokok.

Lokasi pasar yang berada di Jalan Jenderal Sudirman tersebut sejak lama telah dijadikan warga, baik yang datang dari luar daerah ataupun warga kota Tembilahan sebagai tujuan utama untuk membeli berbagai jenis kebutuhan untuk persiapan hari raya.

Aminah, ibu rumah tangga saat di wawancarai GoRiau.com, Sabtu, 06/04/2024 mengatakan dirinya sengaja membeli kebutuhan pokok jelang Lebaran lebih awal untuk mengantisipasi kenaikan harga nantinya.

"Iya, hari ini sengaja belanja takutnya kalau pas mau Lebaran nanti harganya naik pula, udah tu padat pula," kata Aminah.

Sementara Mulyadi, salah seorang pedagang ayam potong yang berjualan di salah satu kios pasar Selodang tersebut mengatakan ada kenaikan pengunjung yang berbelanja di tempatnya.

"Hari ini ada kenaikan pengunjung dibanding hari sebelumnya," kata Mulyadi.

Selain itu dirinya menyebut jelang H-4 Lebaran ini ada kenaikan harga ayam potong di banding pertengahan puasa lalu.

"Hari ini harganya Rp 29.500/kilonya, ada kenaikan Rp 5.400 di banding pertengahan puasa lalu harganya Rp 24.000/kg." terangnya.

Ia menambahkan puncak pengunjung biasanya terjadi pada H-2 jelang Lebaran nantinya.

"Biasanya masuk 2 hari sebelum Lebaran pengunjung meningkat lebih banyak dan harga ayam biasanya di kisaran Rp 40.000 hingga Rp 50.000 ribu perkilonya," sambung Mulyadi.

Menurutnya, ketersedian ayam potong jelang Lebaran ini tidak mengalami kendala, namun dibanding tahun sebelumnya ada penurunan omset penjualan sejak awal ramadhan kemarin di lapak tempat ia berdagang. ***