DUMAI -   Pembangunan dua jembatan, (dua jalur) yang membentang di atas Sungai Dumai, Kecamatan Dumai Barat, Kelurahan Datuk Laksamana sejak tahun 2009 dan sempat terhenti dilanjutkan lagi tahun 2017 hingga saat ini. Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, didampingi Wakil Ketua DPRD Riau, Asri Auzar, meninjau progres pembangunan jembatan tersebut, Selasa (18/6/2019).

Dari pantauan di lapangan, satu dari dua jembatan yang dibangun PT Pelindo I Cabang Dumai itu sudah siap dan bisa dilalui. Namun belum diresmikan lantaran satu jambatan yang berada di sampingnya masih dalam proses pembangunan. 

Rencananya, jika jambatan yang masing-masing panjang 450 meter dan lebar 8 meter, sudah selesai dibangun yang melintas akan dipingut bayaran. Namun Gubri meminta kepada Kadis PU Kota Dumai, Syafrinaldi agar terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau. 

"Kalau melintas di jambatan ini berbayar jangan sampai memberatkan masyarakat. Sebelum dipungut bayaran, kita berkoordinasi dulu baik dengan Pelindo maupun pemerintah daerah," ucap Syamsuar. 

Ads
Menurut Syam, perlu aturan yang jelas untuk retribusi yang harus dikeluarkan masyarakat saat melintasi jembatan. Dengan harapan, retribusi yang nanti dikenakan kepada masyarakat yang lewat tidak akan menjadi masalah. 

Syafrinaldi menanggapi langsung harapan orang nomor 1 di Riau ini. Ia berjanji akan berkoordinasi terkait masalah jambatan tersebut, apakah berbayar nantinya atau tidak, dan dia juga berjanji menyampaikan pesan Gubernur Syamsuar kepada walikota Dumai. 

Kadis PU Riau, Ir Dadang Purwanto, yang ikut dalam rombongan, usai Salat Zuhur kepada wartawan menjelaskan, info yang dia dapat bahwa pungutan yang diambil ketika melintas di dua jembatan ini hanya berlaku pada warga pengusaha. 

"Yang dipungut bayaran hanya pada warga pengusaha. Misalnya bila kendaraan konteiner dan kendaraan perusahaan lainnya," jelas Dadang. 

Dua jambatan yang dibangun PT Pelindo I Cabang Dumai ini salah satu akses menuju RoRo yang nantinya merangkai Kota Dumai dengan Melaka. 

Jika melintas lewat Pelabuhan Patimura menuju ke RoRo melalui dua jembatan itu waktunya sekitar 10 menit. Sementara jika ke RoRo dari titik  yang sama, Pelabuhan Patimura kemudian Jalan Dok (Simpang TPI) ke Patimura paling cepat sekitar 20 menit. ***