SIAK - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar meresmikan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas workshop kejuruan pengolahan hasil pertanian Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Ilmi Kabupaten Siak, berlangsung di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Jumat (11/2/2022).

Peresmian gedung BLK ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Gubri bersama Pembina Yayasan Al Imam Muhyiddin An-Nawawi Ponpes Nurul Ilmi, Asril Doyok, dan dilanjutkan dengan peninjauan ruangan gedung BLK tersebut.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan, atas nama Pemprov Riau mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Ponpes Nurul Ilmi yang telah memberikan kontribusi positif dengan adanya gedung BLK ini.

Adanya BLK komunitas tersebut hendaknya dapat mencetak santri terampil dan mandiri dapat terwujud. Serta dapat mempersiapkan warga sekitar untuk mendapatkan pengetahuan.

Sehingga nantinya dari pendidikan BLK ini, masyarakat dan santri siap bekerja sesuai dengan lapangan pekerjaan yang ada di daerah Riau dan siap membuka lapangan pekerjaan sendiri.

"Jadi ini adalah dalam rangka mempersiapkan SDM yang mempunyai kemampuan, kompetensi sesuai dengan apa saja yang diadakan BLK," ucapnya.

Kemudian, dia juga menginginkan, keberadaan BLK dapat disupport oleh masyarakat dan termasuk perusahaan yang ada di Tualang Siak agar bisa bermitra dengan Ponpes dan BLK ini. Sehingga nantinya tenaga kerja yang akan bekerja bisa terserap oleh perusahaan yang ada sesuai kompetensi yang dimiliki.

"Jadi ini semua sebenarnya untuk meningkatkan kompetensi dari anak-anak santri maupun warga sekitar sini. Kami ucapkan selamat atas peresmian BLK Ponpes Nurul Ilmi, siap mencetak santri yang mandiri," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina Yayasan Al Imam Muhyiddin An-Nawawi Ponpes Nurul Ilmi, Asril Doyok, mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi atas berdirinya gedung BLK komunitas Ponpes Nurul Ilmi.

Menurutnya, ini suatu upaya yang tepat dalam meningkatkan kompetensi para santri dan masyarakat yang ada di sana. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM santri dan masyarakat di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

"Kami dari yayasan Ponpes mengucapkan terima kasih banyak kepada Gubri, terima kasih Disnaker provinsi, serta pihak yang membantu berdirinya BLK ini. Semoga BLK ini bermanfaat bagi masyarakat, agama nusa dan bangsa," tutupnya.

Untuk diketahui, sebelumnya orang nomor satu di Riau ini juga melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan gedung BLK Pondok Pesantren Nurul Ilmi, pada Sabtu (18/9/2021) lalu. Dan saat ini, BLK tersebut telah selesai dibangun dan siap untuk dijadikan tempat pelatihan bagi para santri dan masyarakat sekitar. ***