JAKARTA - Pemerintah DKI Jakarta terbiasa mengirim ambulans ke setiap acara yang membutuhkan tim medis. Tidak hanya saat aksi, tapi juga kegiatan lain seperti olahraga.

Begitu tegas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi kehadiran ambulans dalam aksi yang digelar di gedung DPR. Termasuk menanggapi fitnah terhadap ambulans DKI yang disebut menyuplai batu untuk pelajar.

"Dalam kegiatan olahraga pun kita juga kirimkan ambulans. Jadi ambulans itu datang bukan karena ada demo saja," terangnya saat ditemui di Balaikota Jakarta, Senin (30/9).

Anies bahkan menguraikan bahwa pengiriman ambulans ke area demonstrasi acapkali dilakukan atas permintaan dari Polda Metro Jaya.

"Jadi kalau kita mengirimkan ambulans tuh bukan karena kita inisiatif saja. Tetapi selalu ada permintaan dari Polda. Kemudian kita kirimkan," jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Mendikbud itu memastikan setiap ambulans yang diterjunkan akan dipergunakan secara bertanggung jawab.

Bahkan sekarang, lanjut Anies, untuk pengamanan para petugas media juga akan mendapat pendampingan dari petugas Satpol PP.

"Petugas kita semua mengikuti SOP. Tertib. Ambulans tidak pernah dipergunakan untuk orang yang tidak bertanggung jawab," tegas Anies.***