NUSA DUA - Pasangan ganda putri andalan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu mencatat kemenangan pertama di Grup A ajang bulutangkis BWF World Tour Finals 2021. Kemenangan ini menjadi modal bagi wakil Indonesia ini untuk menghadapi laga selanjutnya.

Bertarung di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Rabu (1/12/2021), peraih emas Olimpiade Tokyo ini mengalahkan perlawanan sengit duet atas unggulan pertama asal Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, dengan skor 21-14, 21-12 dalam tempo 37 menit.

Terakhir Greysia/Apriyani mengandasan duet Thailand ini di semifinal Indonesia Open pekan lalu yang digelar di Nusa Dua, Bali.

"Bersyukur kami bisa lewati pertandingan dengan tidak cedera. Tidak hanya di sini saja, tetapi pertandingan lainnya juga," ujar Greysia usai berlaga.

Menurutnya, bertanding di ajang bulutangkis berhadiah total 1,5 juta dolar AS dengan melawan Kititharakul/Prajongjai memang tidak mudah. Walau secara head-to-head, Greysia/Apriyani masih unggul 7-1, tetap saja perlu kewaspadaan menghadapinya.

"Tadi pertandingan cukup ketat walau akhirnya bisa menuai kemenangan. Harus siapkan mental tanding untuk bisa berlaga di level World Tour Finals," ungkap Greysia.

Apriyani mengaku, pola permainan sudah sesuai dengan arahan dan strategi dari pelatih. Situasi ini membuat keduanya semakin percaya diri untuk membangun serangan dan tekanan kepada lawan.

"Kunci kemenangan ada pada pola permainan yang sesuai dengan strategi pelatih," ujar Apriyani.

"Pokoknya kami bermain konsisten dan terus menekan hingga lawan tidak berkembang permainannya," kata Apriyani.

Menyinggung laga lanjutannya pada turnamen yang menggunakan format round robin ini, ganda putri terbaik Indonesia ini akan mempersiapkan diri secara maksimal dan tidak menghiraukan menang atau kalah.

"Buat saya, harus persiapkan diri secara maksimal. Soal menang atau kalah sudah biasa, saya saja juga sudah sering merasakan menang-kalah," ujar Gresyia.

"Siapkan fisik dan teknik supaya bisa tampil bagus tiap match," imbuh Apriyani.

Greysia/Apriyani berada dalam satu grup dengan ganda putri Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dan duet Korea Selatan, Kim Soyeong/Kong Heeyong. Laga grup A lainnya, Kim/Kong sukses menundukkan Pearly/Thinaah 21-14, 21-14 dalam tempo 45 menit. ***