PEKANBARU - Tokoh Partai Golkar, Annas Maamun secara resmi bergabung dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Bergabungnya Annas Maamun ditandai dengan pemasangan jaket Nasdem dalam acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Nasdem Riau.

Selain Annas Maamun, Nasdem juga secara resmi memperkenalkan kader baru mereka, yakni Bupati Kepulauan Meranti dua periode yang juga Mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Riau, Irwan Nasir.

Bergabungnya dua tokoh ini dibenarkan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Nasdem Riau, Dedi Harianto Lubis.

"Iya, barusan diperkenalkan secara resmi. Selamat bergabung Kakak Irwan Nasir dan Kakak Annas Maamun," kata Ketua Bapilu Nasdem Riau, Dedi, Rabu malam (13/10/2021).

Selain dua tokoh ini, Mantan Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Yopi Arianto, juga akan bergabung dengan Nasdem. Namun Dedi belum bisa memastikan kapan Yopi akan diperkenalkan secara resmi.

Sebagai informasi, Annas Maamun dan Yopi Arianto merupakan dua orang tokoh sentral Golkar, dimana keduanya merupakan mantan bupati di daerahnya masing-masing.

Annas Maamun sendiri terakhir menjabat sebagai Gubernur Riau namun belum genap setahun menjabat, Annas harus berurusan dengan aparat penegak hukum karena kasus korupsi. Sebelum menjadi gubernur, Annas merupakan Bupati Rokan Hilir dua periode. Annas juga pernah menjadi Ketua DPD I Golkar Riau.

Hubungan antara Golkar dan Nasdem dalam beberapa waktu belakangan memang menarik, dimana sebelumnya Nasdem sempat dibuat kecewa karena Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong memilih kembali ke Golkar.

Afrizal sendiri diusung oleh Nasdem dan PKB di Pilkada Rokan Hilir 2020. Namun, dalam Musyawarah Daerah (Musda) Golkar Rohil beberapa bulan lalu, Afrizal mendaftar diri sebagai Ketua DPD II Golkar Rohil. ***