PEKANBARU - Fungsionaris DPD Gerindra Riau, Marwan Yohanis mengatakan pihaknya siap berkoalisi dengan partai manapun pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Dikatakannya, sikap terbuka ini dilakukan Gerindra karena, tidak ada partai politik di Riau yang bisa mengusung kadernya sendiri. Sehingga, lobi-lobi untuk membentuk koalisi sangat diperlukan.

"Kita terbuka sama partai manapun. Toh, di Riau tidak ada partai yang bisa mengusung kadernya sendiri pada Pilkada 2020," kata Marwan di Pekanbaru, Kamis (4/7/2019).

Tidak hanya soal koalisi, partai berlambang kepala burung garuda ini juga siap menerima calon kepala daerah dari eksternal.

"Begitu juga dengan calonnya, bisa dari internal ataupun eksternal partai. Sepanjang hal itu untuk kemajuan daerah," ungkap anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau tersebut.

Mantan Ketua DPD Gerindra Riau ini juga menuturkan, dalam waktu dekat, pihaknya akan mulai fokus pada persiapan-persiapan jelang Pilkada serentak 2020 di sembilan daerah di Provinsi Riau.

"Kita sedang melakukan persiapan mendata daerah-daerah yang difokuskan untuk mengusung kader sendiri. Rujukannya, tentu hasil pemilihan legislatif 17 April 2019 lalu," tutupnya.***