PEKANBARU - Gerai makanan cepat saji, McDonalds yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Riau, disegel. Penyegelan dilakukan oleh tim gabungan TNI, Polri dan Satpol PP, Rabu (9/6/2021) siang.

Informasi yang dihimpun GoRiau.com, penyegelan dilakukan karena McDonald's promo makanan berkemasan BTS (gambar-gambar artis Korea) hari ini yang menyebabkan terjadinya kerumunan.

Walau McDonald's sudah membuat jalur antrian namun pembeli tetap ramai bahkan driver gojek juga terlalu ramai, bahkan sebagian tidak menerangkan protokol kesehatan.

“Telah terjadi kerumunan. Mereka membuat promo yang mengajak masyarakat berbelanja dan beli makanan disini. Sehingga terjadi penumpukan," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya, Rabu (9/6/2021)

Nandang menyampaikan, antrean panjang warga dan driver ojek online itu terjadi penumpukan sejak pukul 11.00 WIB siang tadi.

"Sistem pelayanannya sudah dimatikan dan ditawarkan sistem online (Ojek Online) namun masih terjadi penumpukkan. Satgas selanjutnya melakukan pembubaran kerumunan," tegas Kapolresta Pekanbaru.

Nandang mengingatkan, penyegelan ini merupakan peringatan pertama. Jika nantinya masih saja melanggar, pengelola akan diberikan sanksi dan denda.

"Kita ambil tindakan teguran pertama dengan penyegelan. Apabila nanti ada teguran kedua dan ketiga tentunya akan ada sanksi berat berupa pencabutan usaha kemudian juga denda. Terakhir kita berikan sanksi hukuman apabila mereka masih tidak patuh menjalankan peraturan," pungkasnya.

Nandang sangat menyayangkan kejadian itu, karena saat ini Satgas tengah bekerja keras untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Pekanbaru, tetapi malah muncul sebuah kebijakan pihak penjual makanan yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi jadi penyebar virus Covid-19.

“Sebab itu, kita meminta agar semua pihak bisa bekerja sama dan mendukung. Patuhi protokol kesehatan, yang tidak patuh kami tindak tegas di lapangan sesuai aturan yang berlaku," tutupnya. ***