SURABAYA -- Gempa bumi magnitudo 6,1 (sebelumnya dilaporkan 6,7) yang berpusat di perairan Malang selatan, Jawa Timur, pada Sabtu (10/4/2021), pukul 14.00 WIT, menyebabkan 8 orang meninggal dunia dan 25 orang luka-luka.

Dikutip dari Kompas.com, jumlah korban gempa tersebut merupakan data yang berhasil dikumpulkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur hingga Sabtu (10/4/2021) malam, pukul 21.00 WIB.

Dari delapan korban meninggal dunia itu, lima di antaranya di Kabuaten Lumajang, sementara tiga lainnya di Kabupaten Malang.

''Sebagian besar korban tertimpa bangunan dan bebatuan,'' kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jawa Timur Gatot Subroto saat dikonfirmasi Sabtu malam.

Sementara korban luka tercatat 25 orang. Satu di antaranya luka berat dari Kabupaten Lumajang.

Adapun korban luka ringan, 10 dari Kabupaten Lumajang, dua orang dari Kabupaten Malang, delapan orang dari Kabupaten Blitar, satu orang dari Tulungagung, satu orang dari Jember dan satu orang lagi dari Kota Blitar.

Berikut identitas korban meninggal dunia tersebut berdasarkan update data dari BPBD Jawa Timur:

1. Ahmad Fadholi, warga Desa Tempurrejo Kecamatan Tempursari Lumajang.

2. Sri Yani warga Desa Tempurrejo Kecamatan Tempursari Lumajang.

3. Juwanto, warga Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Lumajang.

4. Nasar warga Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Lumajang.

5. Bonami, warga Desa Kaliuling Kecamatam Tempursari Lumajang.

6. Imam warga Desa Sidorenggo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang.

7. Munadi warga Desa Wirotaman Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang.

8. Misni warga Desa Tamansari Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa magnitudo 6,1 (sebelumnya disebut 6,7) berpusat di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang.

Pusat gempa yang berada di lepas pantai memiliki kedalaman 25 kilometer. Menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Gempa ini juga dilaporkan terasa di Blitar, Kediri, Trenggalek, Jombang, Ngawi, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Turen, dan Banjarnegara.***