JAKARTA - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada ajang bergengsi GIIAS 2021 yang lalu resmi memperkenalkan New Xpander 'New Generation Crossover MPV' dan New Xpander Cross untuk pasar Indonesia.

Bahkan, kendaraan terbaru Mitsubishi tersebut langsung mendapatkan perhatian lebih dari para pengunjung GIIAS 2021. New Xpander dan New Xpander Cross dilaporkan menjadi produk terlaris Mitsubishi selama pameran otomotif tahunan ini. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mencatat, ada sekitar 2.623 surat pemesanan kendaraan (SPK) di pameran GIIAS 2021.

Dari total tersebut, New Xpander dan New Xpander Cross memberikan kontribusi 85 persen. President Director PT MMKSI Naoya Nakamura membenarkan catatan tersebut. Menurutnya, New Xpander sebagai mobil yang paling diincar untuk test drive di GIIAS 2021, yakni sebanyak 1.000 pengunjung.

"Kami menyampaikan apresiasi tertinggi kepada konsumen Indonesia atas kepercayaan dan antusiasme yang sangat baik terhadap brand Mitsubishi Motors di Indonesia, terutama terhadap produk terbaru yang telah kami luncurkan, New Xpander dan New Xpander Cross," ujar Naoya dalam keterangan resmi.

GoRiau New Xpander Cross saat diluncu
New Xpander Cross saat diluncurkan di GIIAS 2021 lalu. (Foto: Istimewa)

Kenapa Pengunjung GIIAS Tertarik dengan New Xpander dan New Xpander Cross?

Menurut Naoya Nakamura, konsumen dan penunjung GIIAS 2021 sangat tertarik dengan segala keunggulan fitur di sisi interior dan eksterior pada dua jenis kendaraan tersebut, yang diyakini semakin luxurious, performa dan sistem keselamatan yang semakin baik.

"Karena kami, Mitsubishi Motors, percaya bahwa setiap tahapan dalam kehidupan adalah sebuah Adventure. Kami ingin selalu menjadi bagian dari perjalan hidup Anda yang terus berputar, guna menciptakan momen berharga tak terlupakan bersama orang-orang terkasih. Be The Life Xpander!" ujarnya.

"New Xpander hadir lebih mewah dengan balutan kesan tangguh sekaligus modern. Dilengkapi dengan fitur dan teknologi mutakhir, yang menunjang performa keseruan, kenyamanan, serta keselamatan berkendara baik untuk pengendara dan juga penumpang," tandasnya.

New Xpander memang hadir dengan desain baru pada sisi eksterior dengan bahasa desain 'Dynamic Shield' khas Mitsubishi Motors yang telah mendapatkan penyegaran sehingga tampil lebih gagah, modern dan mewah serta meningkatkan karakteristik SUV yang lebih aktif. Pembaruan eksterior terdapat pada: New Front Bumper Design, New T-Shape Headlight with LED2, New Rear Design, New T-Shape LED Tail Light, Side Sill Garnish, Electric Switch Tail Gate Door Handle, New 17" Two Tone Alloy Wheel.

Lalu Apa saja fitur dan Teknologi Terbaru yang ada di Mitsubishi New Xpander?

1. Electric Parking Brake with Brake Auto Hold Fitur

Electric Parking Brake (EPB) berfungsi menghilangkan tuas rem parkir, sehingga area konsol tengah jadi lebih bersih. Fitur ini juga menjadi yang pertama kali diterapkan di segmen low MPV. Selain bikin tampilan interior jadi lebih sederhana, Electric Parking Brake juga lebih canggih karena bisa menjalankan fitur Brake Auto Hold, di mana saat terjebak kemacetan Anda tidak perlu lagi menahan pedal rem terus menerus. Cukup aktifkan fitur ini, maka mobil berhenti total saat pedal rem diinjak, dan cukup injak pedal gas lagi untuk kembali melaju. Kedua fitur ini ada di varian Ultimate dan Sport CVT.

2. Transmisi

Fitur baru lainnya dalam Mitsubishi New Xpander yakni sistem transmisi CVT. Pilihan transmisi New CVT di New Xpander ini diklaim untuk memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus. Transmisi CVT itu dipadukan dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4, yang menghasilkan output maksimum: 105 PS pada 6,000 RPM, torsi 141 N.m pada 4,000 RPM.

3. AC Digital dan Layar Head Unit Baru.

Di New Xpander tidak ada lagi tiga buah knop putar-putar AC yang tampak 'kolot' di konsol tengahnya. New Xpander kini dibekali pengaturan AC digital. Tak berhenti disitu, Mitsubishi juga memberikan layar entertainment baru. Kini Xpander menggunakan layar sentuh seluas 7 inci untuk tipe GLS dan Exceed, sedangkan untuk tipe Sport dan Ultimate dibekali layar sentuh seluas 8 inci. Fitur minor yang juga baru adalah layar instrumen klaster yang berwarna dan juga desain lingkar setir yang baru. Mitsubishi juga memberi dua buah port pengecasan USB tipe A dan C di area kabin penumpang.

4. Speed Sensing Door Lock dan Auto Stop & Go

Sistem keselamatan New XPander pun dilengkapi sistem unggul, yakni Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar, New Speed Sensitive Automatic Door Lock2. Fitur Speed Sensing Door Lock akan membuat pintu mengunci otomatis saat New Xpander mencapai kecepatan tertentu. Sementara fitur Auto Stop & Go bisa menonaktifkan mesin secara otomatis pada saat pedal rem diinjak ketika di kondisi jalanan macet. Teknologi Auto Stop & Go ini tentu bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

GoRiau PT Mitsubishi Motors Krama Yud
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), resmi memperkenalkan New Xpander dan New Xpander Cross. (foto: Istimewa)

5. Pengaturan Ulang Sistem Suspensi

Secara spesifikasi, Mitsubishi Xpander facelift masih mengusung suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam. Namun Mitsubishi mengklaim jika suspensinya sudah disesuaikan ulang agar lebih nyaman. Selain itu, kualitas suspensi dan shock absorber juga ditingkatkan dengan tuning terbaru guna menghasilkan pengendalian dan stabilitas yang lebih nyaman dan stabil di jalan yang kasar.

6. Tipe dan Pilihan Warna

Mitsubishi NEW XPANDER hadir dalam 7 (tujuh) varian: Xpander Ultimate CVT, Xpander Sport CVT, Xpander Sport MT, Xpander Exceed CVT, Xpander Exceed MT, Xpander GLS CVT, Xpander GLS MT. Dengan 6 pilihan warna yakni Quartz White Pearl, warna baru Blade Silver Metallic, Jet Black Mica, Graphite Gray Metallic, Red Metallic, Deep Bronze. Selain itu terdapat tiga warna interior berbeda untuk New Xpander: Black and Dark Beige (Ultimate CVT), Black and Brown (Sport CVT & MT), dan Black (GLS, Exceed).

Sementara itu, Mitsubishi New Xpander Cross hadir dalam 3 (tiga) varian: Xpander Cross Premium Package CVT, Xpander Cross CVT, dan Xpander Cross MT. Dengan 5 pilihan warna, yakni: Quartz White Pearl, warna baru Blade Silver Metallic, Jet Black Mica, Graphite Gray Metallic, dan Sunrise Orange. Seluruh varian Xpander Cross hadir dengan warna interior Black and Navy.

Sebagai informasi, setiap pembelian unit NEW XPANDER dan NEW XPANDER CROSS konsumen secara langsung akan mendapatkan paket SMART Silver, berupa paket perawatan kendaraan dengan manfaat gratis biaya jasa servis dan suku cadang hingga 50.000 km atau 4 tahun, termasuk asuransi jiwa dan satu kali penggantian kerusakan ban hingga 1 tahun. Tak hanya itu konsumen juga mendapatkan kemudahan yang mencakup oli MMGO dan chemical item, layanan darurat 24 jam, serta komitmen untuk memberikan garansi kendaraan selama 3 tahun atau hingga 100.000 km.***