TEMBILAHAN-Gedung yang awalnya dibuat untuk kampus Mahasiswa Islam Indragiri (Unisi) akan di sulap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menjadi perpustakaan daerah.

Tidak tanggung-tanggung, gedung enam lantai yang dibangun era pemerintahan Indra Muklis Adnan itu dikatakan Bupati akan dilakukan pengembangan ulang dengan dana Rp10 miliar.

"Pengembangan pembangunan gedung pustaka ini diperkirakan lebih kurang akan memakan biaya 10 miliar bersumber dari DAK yang disetujui oleh Bappenas," jelas bupati saat mengunjungi gedung yang terletak di Jalan Swarna Bumi Tembilahan itu.

Ditekankan Bupati, dapatnya bantuan pembangunann yang tidak sedikit tersebut tidak terlepas dari hasil kerja kerasnya bersama Wakil Bupati Inhil, Syamsuddin Uti.

"Dilanjutkannya pembangunan gedung ini sebagai salah satu bentuk dari komitmen yang kuat dari kami," lanjutnya.

Untuk diketahui, gedung yang semula dibangun dan diperuntukkan bagi mahasiswa Unisi tersebut hingga kini dikenal sebagai Gedung Unisi.

Terdiri dari dua tower, tower pertama sudah dimanfaatkan untuk perkantoran beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Inhil. Dan tower kedua yang direncanakan akan dijadikan perpustakaan daerah.(ayu)