PASIRPENGARAIAN- Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Riau bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rokan Hulu menggelar pelatihan mendongeng dan menulis cerita rakyat, Sabtu (29/2/2020).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu Drs H Ibnu Ulya MSi. Dan panitia mengundang pendongeng dari Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Provinsi Riau dengan peserta pelatihan terdiri dari guru, peserta didik serta pemilik atau pengelola taman/ rumah baca di Rokan Hulu.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB di Aula PGRI Dinas Pendidikan Kecamatan Rambah.

Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Rokan Hulu, Nirma Herlina, mengatakan kegiatan ini bertujuan mengembangkan kompetensi masyarakat dalam bidang literasi sehingga mereka semakin berminat untuk membaca dan menulis serta menuangkan dalam sebuah cerita atau dongeng.

Seluruh peserta baik siswa maupun guru sangat terlihat apresiasi dengan materi yang disampaikan, salah satunya saat menyerukan yel-yel sebelum Dahrial Iskandar SIp yang biasa disapa Kak Dadang mulai mendongeng.

Beberapa peserta pun bertanya mengenai tentang pelatihan cara mendongeng. Diantara peserta bertanya bagaimana cara membuat anak senang dalam mendongeng, ''kami sebagai guru sudah memaksa anak-anak untuk belajar, tapi anak-anak masih tidak tertarik dengan belajar''.

Adapun jawaban Dahrial Iskandar yakni harus pandai membujuk si anak dengan memberikan sebuah hadiah atau apresiasi agar ia semangat. (rls)