TEMBILAHAN-Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) DPRD Inhil mendukung penuh rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil untuk memberikan penyertaan modal terhadap PDAM Tirta Indragiri.

Dukungan diberikan karena menurut Fraksi Golkar PDAM Tirta Indragiri merupakan perusahaan daerah yang berorientasi sosial.

“Jika benar apa yang dipaparkan oleh Bupati terkait betapa pentingnya perubahan aturan terkait pemenuhan hajat rakyat terhadap air bersih, tentunya kami akan berada di garda terdepan,” ujar Juru Bicara F-Golkar, Okta Hasanatan.

Mengingat kondisi alam dan air di Inhil yang sulit untuk mendapatkan air bersih, tindakan yang dilakukan oleh Pemkab dengan mengalokasikan anggaran subsidi kepada PDAM Tirta Indragiri pada tahun 2017 sebesar Rp2 miliar guna membantu pembiayaan tiga unit terpenting didalam perusahaan yaitu unit pengolahan, unit produksi dan unit pelayanan dengan, dikatakannya suatu tindakan yang tepat.

Ads
Kemudian dilanjutkan dengan penambahan penyertaan modal dalam bentuk aset kepada PDAM Tirta Indragiri pada tahun 2018, dijelaskan Okta perlu dilindungi dengan penambahan aturan yang dimuat pada Perda yang sudah diterbitkan sebelumnya.

“Dengan adanya penambahan asset untuk mendukung produktifitas air bersih, harapan kami berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan daerah melalui badan usaha milik daerah. Di samping sebagai investasi yang dilakukan Pemkab Inhil dalam rangka untuk memperoleh manfaat ekonomi, sosial, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan perekonomian, meningkatkan pendapatan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tukas Okta Hasanatan.(adv)